Awas! Pelaku Pencurian Incar Rumah Kosong

Pelaku Pencurian Incar Rumah Kosong
PENCURIAN : Kapolres Kotim AKBP Sarpani (tengah) menunjukkan barang bukti kejahatan yang dilakukan pelaku Teguh Prayitno. Dok.FAHRY/RADAR SAMPIT

SAMPIT – Satu pelaku kasus pencurian diringkus personel Kepolisian Resor Kotawaringin Timur (Polres Kotim).

Pelaku bernama Teguh Prayitno, ia diringkus usai membobol rumah milik Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kotim Imam Subekti di Desa Eka Bahurui, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, pada Selasa (4/1) lalu.

Pelaku menggasak uang korban sebesar Rp 20 juta. Pelaku merupakan tetangga korban.

Mengantisipasi kejadian serupa, Kapolres Kotim AKBP Sarpani meminta masyarakat agar lebih waspada terhadap aksi pencurian dengna target rumah kosong yang ditinggal pergi penghuni .

”Pasang kamera CCTV (Closed Circuit Television), minimal bisa mencegah aksi pelaku,” ujar Sarpani.

Menurutnya, memasang kamera pengawas, pemilik rumah dapat mengetahui apa yang terjadi di dalam rumahnya. Dan rekamannya dapat membantu Kepolisian melakukan penyelidikan.

”Selain CCTV, masyarakat juga disarankan menggunakan kunci ganda pada rumahnya. Cara itu juga bisa memperlambat pergerakan pelaku,” imbaunya.

Diketahui, aksi jahat Teguh terungkap berkat rekaman CCTV dari rumah korban. Polisi yang menerima laporan pencurian langsung bergerak menangkap pelaku. (sir/fm)



Baca Juga :  Pengaduan Damang Tidak Diproses Karena Perintah Pimpinan DPRD Kotim

Pos terkait