Dapat Dispensasi, Pelni Bisa Tambah Muatan hingga Maksimal 1.456 Penumpang

penumpang kapal
CALON PEMUDIK: Sejumlah calon pemudik antre menunggu giliran pembelian tiket kapal di Kantor Pelni Cabang Sampit, Rabu (20/3/2024). (HENY/RADARSAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Sampit mengusulkan kepada pemerintah untuk mendapatkan dispensasi penambahan kapasitas muatan kapal. Hal itu dilakukan agar seluruh penumpang kapal yang akan mudik Lebaran terangkut tanpa ada yang tertinggal.

”Kami sudah mengusulkan dispensasi dan sudah disetujui oleh pemerintah. Nantinya ada tiga kapal yang melayani arus mudik dan arus balik Lebaran dapat menambah muatan melebehi kapasitas standar,” kata Edwin Kurniansyah, Rabu (20/3/2024).

Bacaan Lainnya

Tiga kapal yang akan melayani angkutan mudik Lebaran tahun ini, menggunakan Kapal Motor (KM) Lawit dengan kapasitas standar 912 penumpang, KM Kelimutu 912 penumpang, dan KM Leuser 962.

Namun, setelah mendapatkan dispensasi penambahan muatan penumpang, KM Kelimutu dan KM Lawit dapat menampung sebanyak 1.418 penumpang dan KM Leuser dapat menampung maksimal 1.456 penumpang.

Dispensasi penambahan kapasitas muatan kapal ini berlaku mulai 15 Maret – 15 Mei 2024.

Baca Juga :  Pemudik Padati Pelabuhan Panglima Utar Kumai

”Selama layanan angkutan mudik Lebaran tahun ini kami menambah dua armada kapal. KM Kelimutu yang rutin operasional dan tambahan dua kapal KM Lawit dan Leuser. Ketiga kapal ini sudah selesai melakukan docking perawatan pemeliharaan dan siap melayani angkutan penumpang yang mudik Lebaran menggunakan kapal,” kata Edwin.

Edwin mengatakan, minat masyarakat yang akan mudik tahun ini diprediksi akan terjadi peningkatan pada minggu keempat Maret, minggu pertama dan kedua April 2024, tepatnya dua minggu menjelang Lebaran.

Calon penumpang juga telah memilih tanggal keberangkatan dan telah membeli tiket kapal jauh-jauh hari.

”Keberangkatan tanggal 24 Maret ada sekitar 400 calon penumpang yang sudah beli tiket. Dan keberangkatan tanggal 2, 3, 5, dan 8 sudah 800-900 tiket yang terjual dan setiap hari terus mengalami peningkatan khususnya pada tanggal favorit menjelang Lebaran,” katanya. (hgn/ign)



Pos terkait