Dari Surabaya, Penumpang Positif Covid-19 Terdeteksi di Pelabuhan Kumai

Penumpang Positif Covid-19
ILUSTRASI.(NET)

PANGKALAN BUN – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kumai menemukan salah seorang penumpang kapal laut yang berlabuh di Pelabuhan Panglima Utar, Kumai terkonfirmasi positif Covid-19.

Penumpang yang berdasarkan RT-PCR positif Covid-19 tersebut lolos dari pemeriksaan kesehatan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan melakukan pelayaran bersama 88 penumpang lainnya dengan menggunakan kapal laut, Senin (31/5).

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua Harian Satgas Covid-19  Kotawaringin Barat, Tengku Alisyahbana mengatakan bahwa di Pelabuhan Panglima Utar Kumai telah kedatangan penumpang kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan membawa 88 penumpang. Dari hasil pemeriksaan dokumen kesehatan (RT-PCR), didapatkan satu orang penumpang dengan hasil RT-PCR positif Covid-19.

“Langkah dari Satgas sudah memproteksi satu penumpang yang positif dengan tiga orang keluarganya tidak boleh turun dari kapal,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Cabang DLU Kumai, Firman Dandi menegaskan, ketika mengetahui ada satu penumpang berdasarkan RT-PCR dinyatakan positif pihaknya langsung memulangkan penumpang tersebut ke pelabuhan asal keberangkatan, Tanjung Perak Surabaya.

Baca Juga :  Pasar PPM Sampit Ditinggalkan Pedagang, Apa Penyebabnya?

“Kita sudah pulangkan penumpang tersebut ke Jawa, dengan tidak mengangkut penumpang lain maupun kendaraan. Jadi kapal kita kosongkan, semua tiket penumpang dan kendaraan kita kembalikan,” terangnya.

Menurutnya setelah tiba di Jawa, kapal akan dikarantina dan dilakukan pemeriksaan PCR ke semua kru kapal, guna menjaga supaya tidak terjadi penularan lain dan kluster baru. “Jika tidak ada yang positif, menunggu rekomendasi dari KKP apakah kapal masih bisa beroperasi kembali untuk angkutan logistik,” pungkasnya. (tyo/sla)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *