Delapan Orang Utan Dilepasliarkan, Ada Nama dan Profil Lengkapnya

melepasliarkan delapan orang utan hasil rehabilitasi kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya
BEBAS: Proses pelepasliaran orang utan hasil rehabilitasi kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. (BOSF FOR RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), dan Yayasan BOS, kembali melepasliarkan delapan orang utan hasil rehabilitasi kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Pelepasliaran menggunakan protokol kesehatan khusus disertai tes Covid-19, termasuk terhadap orang utan.

Delapan orang utan dari Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng itu terdiri dari empat jantan dan empat betina. Pelepasliaran di akhir tahun ini merupakan yang ke-23 kalinya di TNBBBR wilayah Kalimantan Tengah sejak Agustus 2016, dan ke-38 secara total di Kalteng sejak 2012. Masing-masing orang utan itu diberi nama, yakni Ating, Lido,Miko, Mony, Petto, Pickle, Sembara, dan Suci.

Bacaan Lainnya

Miko diselamatkan di Desa Kereng Bangkirai, Kecamatan Sabangau. Saat diselamatkan, orang utan jantan ini masih berusia 3 bulan dengan bobot 2,5 kilogram. Selepas masa karantina, Miko mengikuti sekolah hutan untuk mengasah keterampilan dan kemampuan.

Baca Juga :  Gugatan Senilai Rp 264 Miliar Ditolak Hakim

Miko dikenal memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Meski bukan sosok dominan, Miko mampu membela diri saat diperlukan. Saat ini Miko berumur 11 tahun dengan bobot 30,7 kilogram setelah menjalani proses rehabilitasi selama 10 tahun di Nyaru Menteng.

Lalu, Suci diselamatkan di Kasongan, Kabupaten Katingan. Orang utan betina ini berusia setahun dengan bobot 5,5 kilogram. Dikenal sebagai penjelajah yang suka menyendiri. Saat ini Suci berumur 6 tahun dengan berat badan 26,3 kg.

Pickle berbobot 2,2 kilogram dan ditemukan sendirian tanpa induk. Berkat keterampilan yang baik, orang utan yang gemar menjelajah sendirian ini mampu menuntaskan semua tahapan rehabilitasi dan membuktikan diri siap kembali ke hutan. Pickle kini berusia 14 tahun dan beratnya 40 kilogram dengan 13 tahun masa rehabilitasi.

Pos terkait