Digempur Hujan Deras, Bencana Landa Sejumlah Desa di Kotim

BANJIR
BANJIR: Sejumlah warga di Desa Tanjung Jorong, Kecamatan Tualan Hulu, terdampak banjir, Rabu (11/5). (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com – Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir, mengakibatkan sejumlah desa di Kecamatan Tualan Hulu dan Bukit Santuai, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dilanda banjir.

Berdasarkan data yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, tercatat Desa Tumbang Mujam, Tanjung Jorong, dan Desa Luwuk Sampun di Kecamatan Tualan Hulu dan Kecamatan Bukit Santuai, terendam banjir hingga mencapai 70 cm dari atas permukaan jalan.

Bacaan Lainnya

Kepala Pelaksana BPBD Kotim Rihel melalui Sekretaris BPBD Kotim Yephi Hartady Periyanto mengatakan, banjir terjadi sejak Kotim diguyur hujan pada Minggu (8/5). ”Air mulai naik Minggu sampai Senin dan air masih bertahan Selasa kemarin. Rabu pagi dilaporkan sudah mulai surut sekitar 40 cm,” katanya.

Yephi menuturkan, apabila cuaca cerah, dimungkinkan genangan banjir lekas surut, sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali lancar. ”Untuk data rumah yang terdampak banjir, berapa desa yang tergenang banjir, kami masih mengumpulkan data dari laporan kades setempat,” pungkasnya. (hgn/ign)

Baca Juga :  Hancurkan Ego Sektoral Demi Bereskan Sengketa Lahan

Pos terkait