Dijual Sesuai HET, Warga Sampit Berebut Elpiji Subsidi

elpiji subsidi
MENUNGGU ANTREAN: Warga Baamang menunggu antrean gas elpiji di halaman Kantor Baamang Hilir Jalan Mandumai, Rabu (9/11). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Penyaluran gas elpiji subsidi 3 kg di Kantor Baamang Hilir, Jalan Mandumai Sampit, Rabu (9/11), diserbu masyarakat. Elpiji yang dijual sesuai harga eceran tertinggi itu membuat warga berebut untuk mendapatkannya. Pasalnya, barang yang sama di luar kegiatan itu jauh melebihi HET.

Pantauan Radar Sampit, pendistribusian gas elpiji dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Truk berisi ratusan elpiji dari agen PT Altana Putra Mentaya diturunkan. Untuk mendapatkan elpiji, satu per satu warga didata dan diberikan kupon antrean. Maksimal satu warga dijatah satu tabung.

Bacaan Lainnya

Lurah Baamang Hilir Laily Hasanah mengatakan, pendistribusian elpiji di Kantor Kelurahan Baamang Hilir baru pertama kali diadakan. Pihaknya ditugaskan membantu penyaluran distribusi elpiji khusus warga Baamang.

”Ini programnya Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalteng yang bekerja sama dengan Pemkab Kotim dalam pengendalian inflasi. Rata-rata semua kelurahan dan desa di wilayah Kotim ikut membantu proses pendistribusian elpiji ke masyarakat,” kata Laily Hasanah, Rabu (9/11).

Baca Juga :  Pecatur Junior Kotim Bersinar di Tingkat Provinsi, Perlu Pembinaan Lebih Serius

Setiap warga, lanjutnya, membawa tabung gas kosong untuk ditukarkan dengan tabung gas berisi. Syaratnya harus warga Baamang yang dibuktikan dengan menunjukkan identitas berupa KTP elektronik.

”Warga yang sudah datang membawa tabung akan diberikan nomor antrean dan menunggu giliran sesuai nomor urut,” ujarnya.

Ada 402 tabung gas elpiji yang disalurkan ke masyarakat. Pihaknya hanya membantu menyalurkan gas agar masyarakat mendapatkan harga elpiji sesuai HET, yaitu sebesar Rp 22.000 per tabung.

”Setiap desa dan kelurahan dijatah rata-rata 280 tabung. Kami mendapatkan jatah tambahan dari Kelurahan Tanah Mas sebanyak 122 tabung, karena kemarin saat penyaluran elpiji di Tanah Mas masih ada sisa. Jumlah penduduknya di sana tidak sebanyak di Baamang Hilir, sehingga sisanya disalurkan sebanyak 402 tabung,” ujarnya.

Pos terkait