Dikepung Karhutla Lagi, Kobar Berpotensi Kabut Asap

petugas karhutla
KARHUTLA: Tim Satgas Darat Karhutla membopong peralatan damkar saat penanganan karhutla di Desa Kubu, belum lama ini. (istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Hujan deras tak mampu memadamkan kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Kotawaringin Barat. Sepanjang Sabtu 3 November 2023, karhutla di Kobar terjadi di tiga titik dengan skala lumayan besar. Personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Balakar Huma Singgah Itah dan Masyarakat Peduli Api (MPA) berpencar  melakukan penanganan karhutla.

Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kobar Sayid Abdul Badawi mengungkapkan, ada tiga peristiwa karhutla pad Sabtu yaitu di Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Desa Kumpai Batu Atas (KBA) dan Desa Tanjung Putri Kecamatan Arut Selatan.

Bacaan Lainnya

“Di Desa Kubu merupakan peristiwa yang sudah terjadi beberapa hari terakhir dan di Kumpai Batu Atas serta Tanjung Putri baru hari ini,” ungkapnya kemarin.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Kobar mengatakan, Kubu dan Kumpai Batu Atas sudah dilakukan penanganan maksimal dan memasuki proses pendinginan, namun untuk Desa Tanjung Putri masih belum diketahui, karena keterbatasan tim.

Baca Juga :  Menantu Durhaka, Motor Mertua Diembat Juga

Jika karhutla masih terus terjadi meski hujan, kabut asap masih berpotensi terjadi. Penanganan yang dilakukan harus maksimal dengan skala prioritas. “Yang di Kubu tadi pagi relawan Huma Singgah Itah yang tangani, kemudian dilanjutkan ke Kubu,” pungkasnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait