Diminta Teladani Pahlawan, Anggota Pramuka Harus Punya Sikap Responsif

ziarah taman makam pahlawan
ZIARAH: Ketua Kwarcab Kotim Khairiah Halikinnor melakukan ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Batarung Sampit, Senin (10/10). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Ziarah ke makam para pejuang menjadi rangkaian Hari Pramuka ke-61 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Kegiatan itu dipimpin Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kotim Khairiah Halikinnor dengan tabur bunga di pusara para pahlawan di Taman Makam Batarung Sampit, Senin (10/10).

”Tabur bunga di Taman Makam Pahlawan ini merupakan rangkaian Hari Uang Tahun Pramuka ke-61,” ujar Khairiah.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ziarah dan tabur bunga diikuti pula oleh sejumlah pembina dan anggota Gerakan Pramuka di Kotim. Kegiatan diawali dengan upacara dan doa bersama sebagai penghormatan para pahlawan yang telah gugur.

Harapannya, dengan ziarah makam, para anggota Gerakan Pramuka Kotim bisa meneladani sikap dan karakter para pejuang yang telah gugur.

”Dengan berziarah ke makam pahlawan, saya harap para anggota Gerakan Pramuka bisa meneladani nilai luhur atasan perjuangan para pahlawan yang telah gugur, karena mereka adalah salah satu generasi penerus Bangsa Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga :  Harga Sawit Turun, Apkasindo Mengadu ke Dewan

Lebih lanjut dikatakan, peringatan Hari Pramuka merupakan hal penting bagi bangsa ini. Sebab, menjadi momen penyegaran kembali berbagai karakter mulia yang ada dalam Gerakan Pramuka.

Dia juga meminta anggota Pramuka agar memiliki sikap responsif, terutama terkait kemanusiaan. Hal itu dapat dilakukan dengan melatih kepekaan dan tanggung jawab terkait permasalahan sosial kemanusiaan di lingkungan sekitar.

”Jadi, sekiranya ada kegiatan sosial yang memerlukan tenaga Pramuka, kita siap karena memang di situlah eksistensi dan tujuan Pramuka,” ujarnya. (yn/ign)

Pos terkait