Dua Sekawan Jadi Tumbal, Ditinggal Kelompoknya saat Maling Sawit

maling-sawit
Ilustrasi. (net)

SAMPIT, RadarSampit.com – Ferry Setiawan dan Ferdi Irawan ditinggal oleh komplotannya saat mencuri buah kelapa sawit. Hal itu terungkap saat berkas perkara keduanya dilimpahkan penyidik Kepolisian ke Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur.

“Saat itu kami berdua ditangkap, sementara teman kami yang lain, ada 12 orang kabur,” kata tersangka Ferry kepada jaksa.

Bacaan Lainnya

Data yang diperoleh, terungkap kalau perbuatan itu mereka lakukan pada Kamis, 10 Maret 2022 di Blok E98-99 PT. KMA Desa Tumbang Tilap, Kecamatan Bukit Santuai, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Menurut tersangka, dari 12 rekannya itu yang mereka kenali hanyalah Deki Ono, Sudin dan Samson, sementara 8 orang lainnya keduanya mengaku tidak mengetahui nama-namanya.

Dari kedua tersangka barang bukti yang berhasil diamankan yakni 209 jenjang buah sawit atau dengan berat 2.050 kilogram, 1 buah tojok, 1 buah dodos, sepeda motor Jupiter MX yang terdapat keranjang.

Baca Juga :  STKIP Muhammadiyah Sampit Wisuda 80 Sarjana

“Tidak ada izin kami mengambil buah itu dengan pihak perusahaan,” ucap tersangka.

Perbuatan itu atas inisiatif mereka secara bersama-sama, berangkat dengan kendaraan masing-masing menuju lokasi kejadian tersebut, dan pemanenan itu mereka lakukan bersamaan dengan aktivitas karyawan perusahaan.

Keduanya mengaku melakukan pencurian buah kelapa sawit bukan kali pertama, namun yang ketiga kalinya.

“Sebelumnya sudah pernah 2 kali kami melakukan pencurian, buahnya (sawit) sudah kami jual,” kata Ferry. (ang/fm)

Pos terkait