Halikinnor Hadir Dukung Kontingen Kotim Dalam Festival Budaya Isen Mulang 2023

bupati kotim hadiri fbim
KARNAVAL: Bupati Kotim Halikinnor menyapa kontingen asal Kotim pada kegiatan karnaval budaya dalam FBIM di Palangka Raya, Rabu (24/5). (DODY/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor bersama Wakil Bupati Irawati datang ke Palangka Raya untuk memberikan dukungan dan semangat kepada para kontingen asal Kotim yang mengikuti  Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2023, Rabu (24/5).

Bupati Kotim Halikinnor menyaksikan karnaval budaya FBIM tahun 2023 didampingi Ketua TP-PKK Kotim Khairiah Halikinnor, Wakil Bupati Kotim Irawati, dan Sekda Kotim Fajrurrahman. Kehadiran orang nomor satu di Kotim itu menjadi penyemangat para kontingen dari Bumi Habaring Hurung.

Bacaan Lainnya

“Saya datang untuk memberikan semangat kepada kontingen Kotim. Bersama-sama kita ramaikan kegiatan karnaval budaya Festival Budaya Isen Mulang 2023,” ujarnya.

Saat mobil hias kontingen Kotim dengan nomor urut 010 melintas di panggung utama, Halikinnor turun menyapa para peserta. Awalnya direncanakan Bupati Kotim Halikinnor yang berdiri di atas mobil hias, namun batal. Akhirnya diwakilkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotim Ellena Rosie yang tampil di atas mobil hias berbentuk burung dengan sayap mengepak di sisi kanan dan kiri mobil. Tak ketinggalan kontingen Kotim juga melengkapi mobil hias dengan Terowongan Nur Mentaya  yang merupakan ikon baru Kotim.

Baca Juga :  PARAH!!! Motor Pelangsir Terbakar di Sampit, Api Padam Motornya malah Disembunyikan

Lebih lanjut bupati mengapresiasi kontingen Kotim yang telah berpartisipasi dalam Festival Budaya Isen Mulang 2023 sejak  22- 27 Mei 2023, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-66 Provinsi Kalteng.

Sementara itu, Wakil Bupati Kotim Irawati hadir pada acara pembukaan  Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang dirangkai dengan Festival Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2023 di GOR Serbaguna Jalan Tjilik Riwut Km 5 Palangka Raya.

Pembukaan tersebut dihadiri langsung sekaligus dibuka  oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng Edi Pratowo didampingi Istri Nunu Adriani Edi Pratowo.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini yakni The Beauty of Diversity yang berarti keindahan dalam keberagaman yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi Kalteng ke 66. Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai jenis perlombaan diantaranya lomba perahu hias, tari pesisir, tari pedalaman, fotografi, videografi, lagu daerah, jukung tradisional, panginangan sukup simpan, malamang, habayang sepak sawut, balogo, lawang sakepeng, manyipet, maneweng, manetek, manyila kayu, besei kambe, mangaruhi mangenta, karungut dan lomba lainnya.



Pos terkait