Harga Ayam Potong Turun, Hasil Perikanan Masih Tinggi

HARGA-AYAM
PASAR: Aktivitas jual beli di PPM Sampit. (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com – Setelah mengalami kenaikan harga selama musim Lebaran, harga daging ayam di Kota Sampit berangsur turun. Meskipun harga per kilogramnya belum dapat dikatakan normal, harga daging ayam tercatat sebesar Rp 40 ribu/Kg.

Menurut sejumlah pedagang di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, kenaikan harga daging ayam selama Lebaran sudah biasa terjadi. Terutama memasuki sepekan sebelum Lebaran hingga H-1. Saat itu per kilogramnya mencapai Rp 60 ribu. Namun, berangsur turun setelah momentum hari besar tersebut.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

”Sudah mulai turun. Lebaran tadi Rp 60 ribu/Kg, setelah Lebaran turun Rp 58 ribu, Rp 55 ribu, Rp 50 ribu, Rp 48 ribu, Rp 42 ribu, sampai sekarang masih Rp 40 ribu/Kg,” kata Lily, pedagang di PPM Sampit, Minggu (15/5).

Menurutnya, jika tidak terkendala pasokan ayam pedaging, kemungkinan harga daging ayam akan terus turun hingga berada di harga normalnya. Jika tidak ada momentum hari besar seperti Lebaran, pada hari biasa harga  ayam normalnya berkisar antara Rp 30 ribu – Rp 35 ribu/Kg.

Baca Juga :  Lahan 2,5 Hektare Membara, Asap Selimuti Nanga Bulik

Berbeda dengan ayam, harga komoditas hasil perikanan masih cukup tinggi. Melonjaknya harga di tingkat pedagang dipengaruhi stok yang terbatas, karena belum semua nelayan lokal pergi melaut setelah libur panjang Idulfitri 1443 H/2022.

”Belum banyak nelayan yang melaut. Masih banyak yang libur,” kata salah satu pedagang di Kota Sampit.

Untuk komoditas laut, seperti udang dan cumi, bahkan tidak banyak pedagang yang berjualan. Pedagang memperkirakan kondisi ini akan berlangsung hingga satu bulan pasca-Lebaran.

”Bisa satu bulan seperti ini, setelahnya baru normal seperti biasa,” ucapnya.

Dia menuturkan, persediaan udang dan cumi menipis karena pasokan dari nelayan hampir tidak ada. Para nelayan masih menikmati suasana Lebaran.

”Kosong barangnya. Ini jualan daripada saja,” imbuhnya.

Saat ini harga udang windu ukuran besar yang biasa dijual Rp 80 ribu/Kg menjadi Rp 120 ribu/Kg, udang ukuran sedang normalnya Rp 60 ribu/Kg menjadi Rp 80 ribu/Kg. Sementara cumi per kilogram menjadi Rp 75 ribu, yang normalnya antara Rp 45 ribu – Rp 60 ribu/Kg. (yn/ign)



Pos terkait