Hasilkan Puluhan Ribu Ton Sekali Panen, Harapkan Buah Langsat Jadi Varietas Unggulan Kotim

Keseruan Wabup Kotim Panen Buah Langsat di Kebun Warga Desa Cempaka Mulia

langsat
BERKUNJUNG : Wabup Kotim Irawati, Ketua IBI Kotim dan Direktur Radar Sampit Siti Fauziah berfoto bersama Owner Linusa Garden saat berkunjung panen buah langsat di Kelurahan Kotabesi Hulu, Senin (26/2/2024). (Heny/Radar Sampit)

Langsat jadi salah satu buah favorit. Rasanya manis dan disukai sebagian warga Kota Sampit. Warga Desa Cempaka Mulia dan Kotabesi membudidayakan tanaman tersebut.

HENY, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Perjalanan menuju Desa Cempaka Mulia, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur memerlukan waktu sekitar satu jam. Menggunakan kendaraan roda empat, Radar Sampit menuju lokasi kebun buah langsat milik warga Desa Cempaka Mulia yang juga merupakan Kepala Puskesmas Cempaka Mulia.

Setiba di kebun, Wakil Bupati Kotim Irawati sudah datang lebih dulu. Bersenda gurau dengan tenaga kesehatan setempat yang juga menemaninya memanen buah langsat dan merasakan langsung manisnya buah yang langsung dipetik dari pohonnya.

”Ini kebun buah milik Kepala Puskesmas Cempaga Saif Ansari. Kebetulan pohon dukunya (langsat, red) berbuah. Saya diajak kemari untuk memanen buah dan merasakan langsung buahnya,” kata Irawati, Senin (26/2/2024).

Irawati mencicipi semua jenis buah langsat yang ditanami keluarga Saif Ansari sejak tahun 1980. Buah langsat biasanya panen sekali dalam setahun dan Februari kali ini saatnya panen untuk ke puluhan kalinya.

Baca Juga :  Seperti Ini Kriteria Pejabat Idaman Bupati Kotim

”Ada jenis langsat tingkapan, tanggulan, dan mata babi. Tingkapan rasanya manis dan bijinya lumayan besar. Langsat tanggulan sama manisnya bijinya agak kecil. Saya berharap Pak Saif segera mengurus buah langsatnya untuk didaftarkan ke Dinas Pertanian Kotim menjadi buah langsat varietas unggulan Kotim,” katanya.

Menurutnya, buah langsat baiknya didiamkan selama dua hari untuk menghilangkan getahnya. ”Sebenarnya dipetik langsung di makan enak-enak saja. Tapi, lebih manis lagi kalau didiamkan dua hari. Tadi, saya mencoba buah langsat yang sudah jatuh dari pohon, rasanya lebih manis,” katanya.

Irawati juga tak sendiri memanen buah. Ada sejumlah tenaga kesehatan setempat, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kotim Mursyidah dan Ketua PWI Kotim yang juga Direktur Radar Sampit Siti Fauziah.

boks
PANEN BUAH: Wakil Bupati Kotim Irawati panen buah di kebun milik warga Desa Cempaka Mulia, Senin (26/2/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)


Pos terkait