Hlikinnor: Jangan Sampai ada Warga Sakit Tak Berobat

bupati
SILATURAHMI: Bupati Kotim Halikinnor saat Safari Ramadan Kecamatan Baamang dan Seranau terpusat di Masjid Al Ikhlas Kelurahan Baamang Hulu, baru-baru tadi. (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Dalam setiap kesempatan turut ke masyarakat, Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengingatkan jajarannya, mulai dari kepala perangkat daerah hingga camat dan lurah untuk memantau kondisi warga tidak mampu apabila ada yang sakit. Agar difasilitasi untuk berobat.

“Jangan sampai ada warga sakit tidak mampu berobat karena tidak punya biaya. Jika sakit dan tidak bisa ditangani di desa agar dirujuk ke rmh sakit di Sampit. Jika tidak dapat bantuan pusat akan dibantu daerah. Tolong agar diinformasikan ke perangkat pemerintah,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut juga disampaikan Halikinnor setiap Safari Ramadan 1445 Hijriah di sejumlah kecamatan di Kotim.

Salah satunya pada Safari Ramadan hari keenam, Kamis (28/3/2024) lalu, tepatnya 17 Ramadan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Baamang dan Seranau. Terpusat di Masjid Al Ikhlas Kelurahan Baamang Hulu.

Dirinya juga mengimbau warga yang belum memiliki KTP-elektronik untuk segera mengurus administrasi kependudukan tersebut, terutama bagi masyarakat tidak mampu. Hal ini agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma. “Yang belum ada KTP agar segera buat KTP dan dipastikan gratis tanpa biaya,” tegasnya.

Baca Juga :  BRI Sampit Serahkan Ambulans untuk Brimob

Halikinnor melanjutkan, di tahun 2024 ini Pemkab Kotim cukup besar menganggarkan untuk sektor kesehatan, yakni mencapai Rp 61 miliar.

Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Kesehatan Semesta di Kotim bahkan sudah mencapai 100,3 persen dengan keaktifan sebesar 75 persen.

Karena itu masyarakat yang belum mendaftar kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diimbau untuk segera mendaftar agar masuk database.

Sementara itu, pada Safari Ramadan di Kecamatan Baamang dan Seranau itu Pemkab Kotim juga menyerahkan hibah untuk Masjid Al Ikhlas Kelurahan Baamang Hulu sebesar Rp 150 juta.

Kemudian Barang fardu kifayah untuk Masjid Al-Ikhlas, Kelurahan Baamang Hulu, hibah Yayasan Pendidikan Islam Nurul Jamiyah Kecamatan Seranau sebesar Rp 75 juta, kemudian 200 paket pasar murah, bantuan 40 paket sembako untuk lanjut usia dan penyandang disabilitas.



Pos terkait