Isra Mikraj Jadi Momentum Instrospeksi Diri

foto agustiar sabran
Agustiar Sabran

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Isra Mikraj merupakan peristiwa agung yang dialami Nabi Muhammad SAW. Peringatan kegiatan ini bertujuan sebagai sarana syiar Islam dan silaturahmi.

Harapannya, menumbuhkan kecintaan kepada sosok Nabi Muhammad SAW melalui hikmah dan peristiwa Isra Mikraj.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan anggota DPR RI dapil Kalteng Agustiar Sabran dalam momentum Isra Mikraj tahun 2024.

”Selamat memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab 1445 Hijriah atau 8 Februari 2024. Memperingati Isra Mikraj atau yang sering disebut dengan Al-Isra Wal Mikraj merupakan peristiwa yang melekat dengan kerisalahan Nabi Muhammad SAW,” ujar Agustiar, Rabu (7/2/2024).

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng ini menambahkan, Isra’ Mi’raj adalah perjalanan Rasulullah SAW mendapatkan perintah salat lima waktu. Secara khusus perintah itu didapatkan saat dipanggil langsung Allah SWT.

”Semoga dengan peringatan Isra Mikraj ini mampu mengingatkan kita sejatinya diri kita ini siapa. Manusia ditugaskan sebagai apa, sehingga kita tidak sombong sekaligus percaya diri dengan amanah yang diberikan Allah,” katanya.

Baca Juga :  Gelar Perayaan Natal tingkat DPD, Golkar Doakan Kalteng Aman Menjelang Pemilu

Melalui Peringatan Isra Mikraj juga mengajak seluruh umat Islam untuk termotivasi dan terinspirasi dari peristiwa Isra’ Mikraj.

Dia melanjutkan, salat adalah media untuk mencapai kesalehan antara seorang hamba dengan Allah, sekaligus sarana untuk keseimbangan masyarakat yang egaliter, beradab, dan penuh kedamaian.

Salat yang dilakukan khusyuk akan mencegah manusia dari berbuat keji dan munkar, sehingga dalam konteks spiritual-imaniah maupun spiritual – ilmiah.

”Saya juga mengingatkan bahwa bulan Ramadan akan segera tiba. Oleh karena itu, diharapkan peringatan Isra’ Mi’raj dapat dijadikan momen mempersiapkan diri menyambut bulan suci tersebut. Mari kita jadikan sebagai ajang perbaikan sekaligus pengendalian diri. Mari menunjukkan sikap dan pribadi yang sopan dan santun, terlebih sebagaimana kita ketahui bahwa bulan ini pun akan ada ajang pesta demokrasi,” katanya.

Agustiar berharap peringatan itu juga semakin mempererat ukhuwah, serta dapat meningkatkan ketakwaan sebagai umat muslim sejati.



Pos terkait