Jadi Korban Penipuan, Enam Orang Ini Terpaksa Jadi Pengemis di Kalteng

irawati
KUNJUNGAN: Wabup Kotim Irawati mengunjungi orang terlantar yang menginap di Rumah Singgah Dinsos Kotim. (Istimewa/Radar Sampit)

SAMPIT, radarsampit.com – Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Irawati mengunjungi Rumah Singgah yang dikelola Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) di Jalan Siswondo Parman. Kunjungan itu dilakukan setelah ia menerima kabar ada enam orang terlantar asal luar Kotim yang menginap.

”Saya melihat keadaan mereka bagaimana makan dan tidurnya. Ternyata, saya mendengar dari Kepala Dinsos Kotim untuk biaya makanan tidak dianggarkan, sehingga makanan diberikan dari uang pribadi kepala dinas dan pegawainya, serta pihak lain untuk menyediakan beras, sarden, dan mi instan,” kata Irawati.

Bacaan Lainnya

Enam orang terlantar asal luar Kotim itu dirundung berbagai masalah. Salah satunya ditipu oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjanjikan pekerjaan, namun disuruh menjadi pengemis berkedok yayasan bodong.

”Saya merasa kasihan dengan mereka. Apalagi setelah saya mengetahui dari enam orang yang terlantar ini ada dua anak yang masih di bawah umur. Karena itu, saya mengajak mereka makan di rumah makan dan membebaskan mereka makan sepuasnya sampai kenyang,” kata Irawati.

Baca Juga :  Pj Bupati: Kinerja PPPK Dievaluasi Setiap Lima Tahun

Dari perbincangan itu, Irawati melihat bahwa enam orang terlantar juga ingin pulang ke rumah masing-masing. ”Mereka juga ingin pulang ke rumah tetapi tidak ada kemampuan,” katanya.

Terkait tidak adanya anggaran makanan untuk orang terlantar, Irawati akan segera menyampaikan hal itu kepada Bupati Kotim Halikinnor. ”Mudah-mudahan disediakan anggaran untuk konsumsi makanan. Jangan hanya disiapkan rumah singgah saja, tetapi hal yang lain seperti makanannya tidak diperhatikan. Jadi, memang masih banyak yang harus dibenahi dan dilengkapi di rumah singgah ini agar layak ditempati bagi orang-orang yang terlantar,” tegasnya. (hgn/ign)



Pos terkait