Jalan Desa Terancam Ambruk

Jalan Desa terancam ambruk
DITINJAU DPRD Kondisi jalan di Desa Batu Kotam Kecamatan Bulik, yang berada di bantaran sungai dan terancam abrasi.(istimewa)

NANGA BULIK- Jalan Desa Batu Kotam Kecamatan Bulik terancam longsor akibat abrasi sungai Lamandau. Sedikit demi sedikit tanah di bantaran sungai terkikis oleh arus sungai, apalagi jika diterjang banjir.

“Badan jalan sudah banyak yang longsor, mungkin sebentar lagi jalannya yang baru di cor semen ikut jatuh ke sungai,” ungkap kades Batu Kotam, Yusri.

Bacaan Lainnya

Ia sendiri mengaku sudah mengusulkan untuk pembangunan pengaman bantaran sungai kepada pemerintah kabupaten (pemkab) setempat melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) sejak tahun 2018 lalu, namun belum juga terealisasi. Agar aman, bantaran sungai perlu dipasang batu dengan pengaman kawat, sehingga arus sungai tidak lagi mengisikis tanah di bantaran sungai.

“Kemarin kita juga minta salah satu anggota DPRD Lamandau, pak Igut (Pangihutan Samosir) untuk cek langsung ke lapangan. Semoga bisa masuk usulan prioritas,” harap Yusri.

Baca Juga :  Woww!!! Tiap RT Siapkan Tumpeng Masing-masing

Terpisah, anggota DPRD Lamandau dari  fraksi Golkar  Pangihutan Samosir membenarkan bahwa dirinya telah datang langsung dan melihat kondisi bantaran sungai di desa Batu Kotam yang mengikis jalan desa tersebut.

Hasil pengamatannya, keadaan tanah pinggir sungai menghawatirkan kalau terjadi longsor terus menerus. Karenanya, untuk penanganan darurat ia juga telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat,  agar di cek lapangan dan ada tindakan preventif.

“Akan kita upayakan untuk mengusulkannya, baik di APBD perubahan maupun APBD murni sesuai dengan mekanisme ,” ucap Politikus Hanura ini. (mex/gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *