Jam Buka Usaha Bakal Dibatasi Lagi

Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu menghadiri Kunjungan Kerja Pangdam XII/ Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, di Dinas Pendidikan ProvinsiKalteng, Jumat (2/27). (istimewa)

PALANGKA RAYA- Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin memastikan siap menerapkan aturan surat edaran  Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) tentang peningkatan upaya penanganan Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi.

Ditegaskannya, hal itu sebagai bentuk komitmen bersama dalam rangka memutus dan menekan laju penyebaran Covid-19, di wilayah Kota Palangka Raya.

“Mengacu edaran itu, Pemkot Palangka Raya akan sigap menerapkan edaran tersebut, sebagai upaya menurunkan angka kasus positif Covid-19,”ujar Fairid Naparin,kemarin.

Dinyatakannya, salah satu hal yang akan diterapkan di Kota Palangka Raya, adalah pembatasan jam operasional pada sektor usaha. Begitupun kegiatan sektor esensial seperti pelayanan publik maupun tempat pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Seperti operasional pasar, toko, swalayan, supermarket. Akan diberlakukan  dengan pengaturan jam  operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Selain itu lanjut Fairid, kegiatan di warung makan, rumah makan, restoran, kafe, pusat perbelanjaan, mall, pasar dan sebagainya diberlakukan ketentuan makan/minum di tempat, maksimal 25 persen dari kapasitas.

”Pembatasan jam operasional sampai dengan pukul 20.00 WIB. Kemudian layanan pesan antar sesuai jam operasional restoran, dan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat,” sebutnya.

Menurutnya, harus disadari meski ekonomi tetap berjalan, akan tetapi ada kalanya harus direm agar masyarakat bisa sadar bahwa pandemi Covid-19 ini masih belum berakhir.Salah satunya pelaksanaan vaksinasi, pengetatan prokes, dan pembatasan operasional usaha.

Pos terkait