Jelang Porprov Kalteng di Sampit, Pemkab Kotim Buru Pembenahan Sarana Cabor

kadispora kotim
PERSIAPAN PORPROV: Kepala Dispora Kotim Wim RK Benung saat ditemui Radar Sampit di ruang kerjanya Senin (20/2). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) berupaya menyelesaikan semua sarana cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalteng tahun ini. Sarana tersebut harus siap sebelum kegiatan dilaksanakan Juni.

”Informasi terakhir Porprov akan direncanakan Juni 2023 ini. Untuk penetapan tanggal dan bulannya masih menunggu petunjuk dari KONI Kalteng dan kesiapan Gubernur Kalteng,” kata Wim RK Benung, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalteng, Senin (20/2).

Bacaan Lainnya

Ada 28 cabang olahraga yang nantinya akan dipertandingkan dalam porprov dan satu cabang olahraga ekshibisi, yaitu korfball (bola tangan) yang juga bakal dipertandingkan. Pemkab Kotim telah menetapkan lokasi (venue) sarana olahraga dari 28 cabor yang masih terus diperbaiki tahun ini.

Wim mengatakan, pihaknya menganggarkan dana yang bersumber dari APBD Kotim sebesar Rp855 juta untuk perbaikan jalur lintasan atletik yang lokasinya di kawasan stadion 29 November.

”Ada delapan lintasan yang disiapkan akan dipasang fravel (kerikil) dan batu bata sepanjang 400 meter. Ada lima kategori yang akan dipertandingkan dalam porprov yaitu lompat jauh, tolak peluru, lempar cakram, lempar lembing, dan lompat jangkit,” kata Wim.

Baca Juga :  WOW!!! Radar Sampit Gelar Gebyar Ramadan Berhadiah

Pembangunan jalur lintasan atletik akan dikerjakan Maret bulan depan. ”Ini sudah ditayangkan di LPSE, Maret ini diusahakan sudah mulai pekerjaan,” katanya.

Wim mengatakan, Pemkab Kotim juga melengkapi sarana olahraga panjat tebing berupa dinding panjat tebing yang terbuat dari bahan besi dengan anggaran sebesar Rp422 juta.

”Lokasi pertandingan panjat tebing masih dirundingkan. Apakah di Kawasan Stadion 29 November atau di lapangan mini sepak bola dekat gedung voli indoor, ini masih dikoordinasikan dengan pengurus cabornya,” ujarnya.

Selain pengadaan dinding panjat tebing, Pemkab Kotim juga menganggarkan pengadaan ring tinju sebesar Rp400 juta. Lokasinya akan ditempatkan di depan Kawasan Stadion 29 November.

Kemudian, tahun ini arena cabor panahan di belakang gedung voli indoor Jalan Tjilik Riwut juga akan dilakukan penimbunan tanah dan pembangunan kenopi dengan anggaran sebesar Rp115 juta.



Pos terkait