Jembatan Putus di Sungai Babi Akhirnya Diperbaiki

perbaikan jembatan sungai babi
PERBAIKAN: Alat berat dikerahkan untuk memperbaiki jembatan putus di Sungai Babi. (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Dinas Pekerja Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akhirnya melakukan perbaikan jembatan yang putus di Sungai Babi, Desa Karang Sari, Kecamatan Parenggean.

Pekerja teknis Dinas PUPRKP Kotim bekerja mulai pagi hingga petang menyelesaikan perbaikan jembatan dengan cara perbaikan sementara. Jembatan diperbaiki menggunakan sejumlah kayu galam dan besi panjang yang dilapisi pelat besi agar kuat dilewati.

Bacaan Lainnya

”Perbaikan dilakukan selama seharian penuh. Perbaikan jembatan sifatnya perbaikan darurat sementara. Kalau perbaikan permanen mungkin kami anggarkan tahun depan, karena di anggaran perubahan tahun ini waktu dan anggarannya diperkirakan tidak cukup,” kata Kaspulzen Heriyanto, Plt Kepala Dinas PUPRKP Kotim, Kamis (15/9).

Pihaknya belum mengetahui angka pasti perbaikan. ”Kebutuhan anggarannya masih dihitung. Jadi belum tahu berapa,” ujarnya.

Terpisah, Camat Parenggean Siyono mengatakan, material bahan perbaikan jembatan sudah diturunkan Rabu (14/9) lalu dan dikerjakan kemarin.

Baca Juga :  STIE Sampit Laksanakan PKKMB Tahun Akademik 2022-2023

”Semua yang mengerjakan pegawai teknis dari Dinas DPUPRPRKP Kotim. Masyarakat bantu siapkan makan untuk konsumsinya saja,” kata Siyono.

Rencananya, apabila jembatan dilakukan perbaikan permanen, pihaknya akan tetap melibatkan perusahaan sekitar untuk membantu material tanah uruk dan laterit. ”Nanti tunggu perbaikan permanen, perusahaan siap membantu lateritnya untuk menutupi jalan di sekitar jembatan yang bolong. Mulai sekarang jembatannya sudah dapat dilewati,” katanya. (hgn/ign)

Pos terkait