Kambtimas Gunung Mas Kondusif Pasca Idulfitri

kondusif
PENGAMANAN: Personel Polres Gumas ketika melakukan pengamanan di sejumlah masjid yang melaksanakan salat idulfitri, Rabu (10/4/2024).

KUALA KURUN, radarsampit.com – Kepolisian Resor (Polres) Gunung Mas (Gumas) mengerahkan personelnya dalam rangka melakukan pengamanan di sejumlah masjid yang menjadi lokasi pelaksanaan salat Idulfitri 1445 Hijriah tahun 2024, sehingga berjalan aman dan kondusif.

“Kami menempatkan personel di setiap lokasi pelaksanaan salat idulfitri untuk memastikan keamanan dan ketertiban umat muslim dalam beribadah,” ucap Kapolres Gumas AKBP Theodorus Priyo Santosa, Jumat (12/4/2024).

Bacaan Lainnya

Selain mengerahkan personel, lanjut dia, Polres Gumas juga berkoordinasi dengan TNI dan instansi terkait seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan (DLHKP) untuk mendukung pengamanan salat idulfitri.

“Kami juga melakukan patroli rutin di sekitar lokasi pelaksanaan salat idulfitri untuk mencegah terjadi gangguan keamanan,” tegasnya.

Sebelumnya, juga sudah dilakukan pengamanan pawai takbir yang digelar pada malam idulfitri 1445 hijriah. Ada puluhan personel yang diterjunkan untuk berjaga di sepanjang rute pawai, mulai dari titik start hingga finis. Selain itu, juga dilakukan patroli untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan.

Baca Juga :  DAD Gumas Perjuangkan Ribuan Hektare Hutan Adat

“Kami sudah melakukan persiapan matang untuk  mengamankan pawai takbir, dengan menempatkan personel di titik-titik rawan, seperti persimpangan jalan dan tempat berkumpulnya warga,” tuturnya.

Dia mengapresiasi peran aktif dari masyarakat yang turut menjaga keamanan dan ketertiban selama pawai takbir. Berkat kerja keras seluruh personel dan dukungan masyarakat, pelaksanaan pawai takbir yang diikuti ratusan masyarakat dari berbagai kalangan berjalan dengan aman dan kondusif.

“Selama pawai berlangsung, masyarakat terlihat antusias dan tertib. Mereka mengikuti rute yang ditentukan dan tidak melakukan tindakan yang mengganggu keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban yang kondusif pasca idulfitri. Apabila melihat atau mengetahui adanya potensi gangguan kamtibmas, maka segera dilaporkan kepada pihak kepolisian.



Pos terkait