Kapal Pinisi Indonesia Jadi Google Doodle Hari Ini

google doodle
Google Doodle

Radarsampit.com – Saat anda membuka Google pada perangkat mobile atau PC, Anda akan disambut oleh gambar Kapal Pinisi di halaman utama pencarian. Hari ini, Google merayakan Kapal Pinisi sebagai inspirasi dalam Doodle-nya.

Mengapa Kapal Pinisi dirayakan dalam Google Doodle? Hal ini berkaitan dengan sejarahnya. Pada tanggal 7 Desember 2017, kapal pinisi Indonesia diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia yang berharga di Paris, Prancis. UNESCO menganggap seni pembuatan Kapal Pinisi dari Sulawesi Selatan sebagai Warisan Budaya Takbenda Manusia (Intangible Cultural of Humanity).

Bacaan Lainnya

Lalu, apa yang membuat kapal pinisi begitu istimewa sehingga menjadi Doodle Google hari ini? Menurut laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kapal pinisi merupakan simbol dari keragaman budaya Indonesia.

Kapasitas Kapal Pinisi sudah ada sejak abad ke-16 di Indonesia dan telah digunakan oleh para pelaut dari Suku Konjo, Bugis, dan Mandar di Sulawesi Selatan untuk mengangkut barang. Dari fungsi aslinya sebagai alat perdagangan, Kapal Pinisi kini banyak digunakan sebagai daya tarik pariwisata.

Baca Juga :  Purnawirawan Tentara Kobarkan Perang Total Habisi Mafia Tanah

Kapal Pinisi dengan mudah dikenali di perairan karena memiliki ciri khas seperti penggunaan 7-8 layar dan 2 tiang utama di bagian depan dan belakang. Tidak hanya itu, kapal tradisional Indonesia ini juga terbuat dari kayu. Terdapat empat jenis kayu yang biasanya digunakan dalam pembuatan kapal pinisi, yaitu kayu besi, kayu bitti, kayu kandole/punaga, dan kayu jati.

Proses pembuatan kapal pinisi dilakukan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, di tiga desa yaitu Desa Tana Beru, Bira, dan Batu Licin. Pembuatan Kapal Pinisi ini masih dilakukan secara tradisional dan mengikuti proses yang sangat berbeda.

Pembuatan Kapal Pinisi melibatkan tiga tahap. Tahap pertama dimulai dengan penentuan tanggal penebangan kayu yang dianggap baik untuk membuat kapal pinisi. Biasanya, tanggal tersebut jatuh pada hari ke-5 atau ke-7 dalam bulan pembuatan kapal. Pemilihan tanggal ini melambangkan keberuntungan dan harapan untuk rezeki yang melimpah.



Pos terkait