Kasus Covid-19 di Kobar Meningkat, Dua Desa Tutup Akses Masuk 

Covid-19 di Kobar Meningkat
TUTUP SEMENTARA: Dua desa di pesisir Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar menutup sementara akses masuk desa, Sabtu (5/6).(ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Kumai terpaksa menutup sementara akses untuk masuk ke Desa Sebuai dan Sebuai Timur. Hal itu dilakukan karena terjadi ledakan kasus Covid-19 di dua desa yang berada di ujung timur wilayah tersebut.

Peningkatan kasus itu diduga berhubungan dengan serbuan pengunjung ke sejumlah tempat wisata di pesisir terpadu Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat pada musim libur Idulfitri 1442 Hijriah lalu.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Akses masuk dua wilayah itu ditutup untuk mencegah masuknya warga luar melalui Desa Keraya, Kecamatan Kumai maupun Desa Tanjung Putri, Kecamatan Arut Selatan (Arsel). Pemerintah desa setempat telah memasang portal dan menempatkan petugas untuk berjaga.

Kepala Desa Sabuai Timur Isnaini Efendi mengatakan, di wilayah administratifnya terdapat kasus positif Covid-19 berdasarkan hasil swab tes yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

”Terdapat kasus Covid-19 yang signifikan di Desa Sabui Timur. Hal ini kami ketahui setelah dilaksanakan tes swab,” ujarnya.

Baca Juga :  Tahun Ini, DLU Bakal Angkut 11.500 Orang Pemudik

Berdasarkan hasil swab, terdapat 17 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun demikian, 75 persen dari jumlah tersebut kondisinya semakin membaik dan tidak mengalami keluhan. Warga terkonfirmasi positif langsung diminta menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan satgas desa setempat.

”Kami sudah minta mereka untuk isolasi mandiri dan sementara waktu tidak melakukan kontak erat dengan masyarakat lainnya,” katanya.

Kepala Desa Sebuai Tohari menambahkan, penutupan sementara akses masuk desa terpaksa diberlakukan karena ada kasus Covid-19. Ada satu warganya terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan tes rapid antigen yang diketahui pada 4 Juni lalu.

”Sesuai instruksi, mulai Sabtu (5/6), Desa Sabuai Timur dan Desa Sabuai telah memberlakukan lockdown,” imbuhnya.

Ketika mendapati kasus Covid-19 di Desa Sabuai Timur dan Desa Sabuai, petugas dari BPBD, Pemerintah Kecamatan Kumai, Dinas Kesehatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta aparatur desa melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan desinfektan di sepanjang ruas jalan permukiman di dua desa tersebut dengan menggunakan mobil tangki dari BPBD Kobar. (tyo/sla/ign)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *