Kegiatan Ini Bakal Percepat Penurunan Stunting di Kotim

Jadi Daerah Pertama Gelar Penilaian Kinerja Antarkecamatan

percepat penanganan stunting
PERTEMUAN: Kegiatan pembukaan penilaian kinerja antarkecamatan dalam pelaksanaan pencegahan dan penurunan stunting di Kotim, Kamis (3/11) di Aula Sei Mentaya Kantor Bappelitbangda. (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kotim menggelar kegiatan penilaian kinerja antarkecamatan dalam pencegahan dan penurunan stunting di wilayah ini. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Sei Mentaya Kantor Bappelitbangda Kotim, Kamis (3/11).

”Ini pertama kali dilaksanakan, bahkan belum ada di kabupaten/kota di Kalimantan Tengah (Kalteng) yang melaksanakannya dan regional Kalimantan,” kata Kepala Bappelitbangda Kotim Rafiq Riswandi.

Bacaan Lainnya

Dia menuturkan, penilaian kinerja bertujuan melakukan pembinaan dan pengawasan kinerja kecamatan oleh Pemkab Kotim dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting.

”Penilaian ini juga untuk menggali berbagai potensi permasalahan dan inovasi dari seluruh kecamatan dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting,” ujarnya.

Dia mengharapkan, melalui kegiatan tersebut seluruh kecamatan lebih giat dan semakin termotivasi meningkatkan kinerjanya dalam upaya mendorong percepatan penurunan stunting.

Baca Juga :  Bupati Kotim Minta BPK Laporkan SOPD Lambat Respons Audit

Rafiq menyebutkan, dewan juri dalam pelaksanaan penilaian ini ada tujuh orang, yaitu dari Bappelitbangda, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes), serta TP-PKK Kabupaten Kotim. Sedangkan peserta dalam kegiatan diikuti 17 kecamatan se-Kotim, yang terdiri dari seluruh camat yang didampingi puskesmas dan TP-PKK kecamatan.

”Untuk teknis penilaian, camat atau tim kecamatan mengikuti pameran dengan menyiapkan bahan berupa banner yang berisi kegiatan yang telah dilaksanakan di tingkat kecamatan masing-masing. Camat akan menyampaikan paparan terkait pelaksanaan kegiatan pencegahan dan penurunan stunting di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Pos terkait