Kelurahan Raja Wakili Kobar di Festival Budaya Isen Mulang Kalimantan Tengah

juara
WAKILI KOBAR: Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Raja saat tampil di FBMBA tahun 2024, Minggu (28/4/2024).

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Kelurahan Raja, Kecamatan Arut Selatan, akan mewakili Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam ajang Festival Budaya Isen Mulang yang akan digelar di Kota Palangka Raya.

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Raja didapuk mewakili Kobar setelah berhasil menjadi pemenang di Festival Budaya Marunting Batu Aji tahun 2024 yang digelar di Stadion Sampuraga.

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar Jamri mengatakan, setelah berhasil menyabet juara pertama dalam FBMBA tahun 2024, Kelurahan Raja akan mewakili Kobar dalam festival Isen Mulang yang akan diselenggarakan 17 – 23 Mei 2024.

”Pemenang kegiatan Festival Budaya Marunting Batu Aji (FBMBA) tahun 2024 akan diberangkatkan mengikut even Festival budaya Isen Mulang di Palangka Raya,” tegasnya.

Menurutnya, lomba dalam FBMBA tahun 2024 meliputi malamang, mangenta, masak tradisional, karungut putra, lagu daerah putra, lagu daerah putri, tari pedalaman pelajar, tari pedalaman umum, tari pesisir pelajar, dan tari pesisir umum.

Baca Juga :  Disbudpar Gunung Mas Kejar PAD dari Wisata Air Terjun Batu Mahasur

”Dalam Festival Budaya Isen Mulang akan dilaksanakan lomba-lomba seni budaya, olahraga tradisional, dan kearifan lokal. Tentunya momen ini sebagai wadah yang sangat penting untuk mempromosikan potensi yang ada di Kobar,” katanya.

Jamri melanjutkan, dalam FBIM nanti, Kobar akan mengikuti tujuh bidang mata lomba. Untuk kategori tari pesisir dan tari pedalaman yang akan dikirim ke FBIM adalah kategori umum.

Ketua TP PKK Kelurahan Raja WS Rini mengatakan, suatu kebanggaan bagi TP PKK Kelurahan Raja bisa mewakili Kobar dalam ajang FBIM di Palangka Raya. Adapun dalam kegiatan FBMBA, Kelurahan Raja berhasil juara I di lomba malamang dan masak tradisional.

Rini menambahkan, TP PKK Kelurahan Raja bersama peserta lainnya akan memberikan yang terbaik, sehingga Kobar berhasil mengukir prestasi di ajang bergengsi tingkat provinsi.

”TP PKK Kelurahan Raja hanya mengikuti dua lomba saja dalam FBMBA dan alhamdullilahnya keduanya mendapatkan juara 1,” katanya. (tyo/ign)



Pos terkait