KEREN!!! Kotim Lolos Asesmen Menuju Smart City

Masuknya Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dalam daftar 50 kabupaten yang dinyatakan lolos asesmen yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kotim Multazam

SAMPIT – Masuknya Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dalam daftar 50 kabupaten yang dinyatakan lolos asesmen yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia menjadi kado di Hari jadi Kotim ke-69.

”Alhamdulillah, Kotim menjadi 1 dari 50 kabupaten/kota se-Indonesia yang terpilih mengikuti Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022. Ini menjadi kado hari jadi Kotim ke-69,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kotim Multazam, Kamis (6/1).

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Multazam menuturkan, asesmen dilaksanakan Kemenkominfo melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika terhadap 88 kabupaten maupun kota yang mengikuti kegiatan tersebut.

”Tujuannya untuk mengukur kesiapan dan memilih 50 kabupaten/kota yang akan mendapat pendampingan dalam penyusunan masterplan Smart City,” jelasnya.

Asesmen diselenggarakan secara daring selama 5 hari, dari tanggal 1- 5 November 2021 lalu. Setelah melalui tahap asesmen dan penilaian dari tim juri pada tanggal 3 Januari 2022 diumumkan hasil asesmen berdasarkan surat Kemenkominfo nomor B-003/DJAI/AI.01.04/01/2022.

Baca Juga :  Bupati Kotim Dukung Kemah Besar Pramuka 2023

”Dalam surat tersebut tertera daftar berisi 50 kabupaten/kota yang lolos asesmen dan Kotim berada pada urutan ke-11 pada daftar tersebut,” ungkapnya.

Selanjutnya, Pemkab Kotim harus segera menyusun masterplan Smart City untuk mempelajari draf nota kesepakatan bersama antara Dirjen aplikasi informatika, Kemenkominfo, dengan Pemkab Kotim tentang implementasi gerakan menuju Kota Cerdas atau Smart City.

”Kemudian mengonfirmasi persetujuan atas draf tersebut kepada Dirjen aplikasi dan informatika paling lambat 4 Februari 2022. Arahan ini juga berlaku untuk 49 kabupaten/kota lainnya yang lolos asesmen,” tandasnya.

Multazam berharap dengan semangat persatuan dan gotong royong membangun Kotim Harati melalui pemanfaatan Smart City, akan tercipta masyarakat yang lebih cerdas, sejahtera, aman, sehat, nyaman, kreatif, kompetitif, mudah, dan berkelanjutan.

”Capaian tersebut tentunya menjadi motivasi dan dorongan bagi Pemkab Kotim dalam mewujudkan penerapan Smart City secara optimal di Bumi Habaring Hurung ini,” pungkasnya. (yn/ign)



Pos terkait