Ketersediaan Beras Bulog di Kotim Mencukupi

Akan Masuk 3.500 Ton

kepala bulog sampit
Kepala Cabang Bulog Sub Divisi Regional Sampit Rony Hadianto

SAMPIT, radarsampit.com – Pasokan beras menjelang Ramadan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mencukupi. Stok beras yang ada di gudang Bulog Sampit saat ini sekitar 650 ton.

Pasokan yang akan masuk dalam beberapa waktu ke depan sekitar 3.500 ton, sehingga dipastikan aman hingga Lebaran nanti.

Bacaan Lainnya

“Stok yang kita kuasai sekarang kurang lebih sekitar 650 ton, cukup sampai Ramadan. Dan ada yang mau datang lagi sebanyak 3.500 ton, saat ini masih dalam proses. Mudah-mudahan bulan Maret sudah mulai masuk,” tutur Kepala Cabang Bulog Sub Divisi Regional Sampit Rony Hadianto, Sabtu (24/2/2024).

Menurutnya, Bulog Sampit berupaya terus menjaga keamanan cadangan beras di Kotim. Bahkan pihaknya juga bekerjasama dengan pemerintah daerah melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) setempat dalam upaya pengendalian inflasi, terutama untuk komoditas beras.

“Kita juga kerjasama dengan perindag jual beras di pasar penyimbang, mudah-mudahan upaya kita ini bisa  menahan laju kenaikan komoditi beras,” ucapnya.

Baca Juga :  Olahraga Kotim Mulai Bergeliat, Pemkab Gelar Kompetisi Tiga Cabang Sekaligus

Harga beras premium di pasaran saat ini mengalami kenaikan. Namun dirinya berharap memasuki musim panen beras di wilayah Pegatan Kabupaten Katingan dapat turut menekan kenaikan harga beras.

“Kelihatannya yang naik ini beras yang premium, karena panen kurang dan wilayah lain banyak ambil dari sini seperti dari Kapuas dan dari Banjarmasin. Mudah-mudahan di bulan Maret ini panen di Pegatan dapat menurunkan harga beras,” harapnya.

Beras yang keluar dari gudang Bulog Sampit antara 50-100 ton setiap bulannya. Pihaknya juga menyerap hasil panen petani lokal di wilayah Kotim dan Pegatan Kabupaten Katingan. Pembelian dilakukan sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah.

“Untuk pembelian beras kami batasi  1 orang itu 10 kg, jadi sekitar 2-3 ton dalam sehari beras yang terjual,” imbuhnya.

Roni menambahkan saat ini beras di Bulog sedang dalam pengemasan. Menurutnya dalam waktu dekat Bulog akan siap disebar ke pasaran. Untuk beras SPHP harga jual Rp 11.500/kg atau Rp 57 ribu/5 kg. Hal ini berkaitan dengan kenaikan harga beras premium di pasaran.



Pos terkait