Kotim Bakal Bangun Pabrik Es Tahun Depan

Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) menargetkan pada tahun 2023 pabrik es bisa terbangun di kabupaten ini
Bupati Kotim Halikinnor

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) menargetkan pada tahun 2023 pabrik es bisa terbangun di kabupaten ini. Hal ini menyikapi tingginya kebutuhan terhadap es untuk para nelayan di Kotim.

”Saya targetkan pabrik es harus sudah terwujud di tahun 2023,” ujar Halikinnor.

Bacaan Lainnya

Selama ini, kata Halikinnor, Pemkab Kotim memang belum ada merencanakan membangun pabrik es. Namun, kenyataan, kehadiran pabrik es sangat diperlukan, khususnya oleh para nelayan.

”Pemerintah belum memiliki pabrik es. Kalaupun ada, itu milik swasta, karena nelayan kita banyak sekali membutuhkan es,” kata Halikinnor.

Guna mewujudkan hal itu, Halikinnor telah memanggil Kepala Dinas Perikanan Kotim untuk membicarakan berkenaan dengan rencana pembangunan pabrik es di wilayah ini. Bahkan, Halikinnor akan mengupayakan berapa pun anggaran yang dibutuhkan untuk mewujudkan terbangunnya pabrik es pada tahun depan.

”Saya sudah panggil Kepala Dinas Perikanan dan minta 2003 pabrik es sudah bisa terwujud. Berapa pun anggaran yang diperlukan, saya akan upayakan,” tegasnya.

Baca Juga :  FIFGROUP Luncurkan Dana Bergulir Untuk 588 UMKM Bersama 4 Lembaga Astra

Halikinnor juga meminta dinas terkait melakukan studi banding ke wilayah yang sudah memiliki pabrik es yang representatif, yang bisa memproduksi paling tidak sehari seribu es balok.

”Silakan studi banding dimana pabrik yang representatif yang bisa memproduksi seribu biji es sehari, karena kebutuhan es itu pasti. Di samping nelayan yang melaut, yang di pasar juga perlu es,” tuturnya.

Selain pabrik es, tahun 2023, Halikinnor juga menginginkan pabrik pakan ikan skala besar bisa dibangun. ”Saya minta tolong pakan ikan dengan pabrik es bisa terealisasi di tahun 2023. Apabila itu terwujud, mudahan kesejahteraan masyarakat kita bisa lebih baik,” pungkasnya. (yn/ign)

Pos terkait