Masih Pandemi, Haul Akbar Kiai Gede Ditiadakan

pandemi
MAKAM KIAI GEDE : sejumlah peziarah saat berada di komplek makam Kiai Gede Kecamatan Kotawaringin Lama. Haul Akbar Kiai Gede di Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat tahun 2021 dipastikan tidak akan terlaksana.(GUSTI HAMDAN/RADAR PANGKALAN BUN)

KOTAWARINGIN LAMA – Haul Akbar Kiai Gede di Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat tahun 2021 dipastikan tidak akan terlaksana. Kepastian peniadaan acara besar yang menjadi kelender wisata Kobar ini disampaikan Camat Kolam, Nahwani.

“Berdasarkan hasil rapat dengan pengurus makam Kiai Gede dan tokoh masyarakat bahwa pelaksanaan Haul Akbar Kiai Gede tahun ini tidak dilaksanakan,” kata Nahwani, Rabu (17/3).

Bacaan Lainnya

Namun acara rutin yang dilaksanakan setiap Bulan Rajab Tahun Hijriyah ini, pengurus makam Kiai Gede tetap melaksanakan haul secara sederhana.

Pengurus makam Kiai Gede Guprani membenarkan bahwa pada tahun 2021 ini tidak dilaksanakan haul secara akbar. “Atas kesepakatan bersama hanya dilaksanakan tahlil atau haul secara sederhana pada malam Jumat (Kamis malam) 29 Rajab lalu,” ungkap Guprani.

Pihaknya mengakui bahwa banyak sekali yang bertanya kapan pelaksanaan Haul Akbar Kiai Gede, baik secara langsung ataupun melalui media sosial. Bahkan, beredar rumor pelaksanaan Haul Akbar Kiai Gede ke-13 ini dilaksanakan pada Senin (15/3) kemarin.

Baca Juga :  SEDIHNYA!!! November Ini Akhir Masa Kerja 1853 Honorer Kobar

“Mari kita berdoa saja semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir, sehingga pada tahun depan Haul Akbar Kiai Gede bisa dilaksanakan,” tandasnya seraya menambahkan bahwa makam Kiai Gede telah di buka untuk pengunjung atau peziarah dengan penerapan protokol kesehatan.(gst/sla)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.