Petani Lamandau Diajarkan Olah Sawah di Lahan Gambut

lahan gambut
PELATIHAN : Bupati Lamandau Hendra Lesmana menghadiri pelatihan petani teknologi budidaya padi sawah pada lahan gambut di Desa Batu Kotam, Kecamatan Bulik. Hal itu sebagai respon atas laporan masyarakat dan memperhatikan permasalahan aktivitas petani di lokasi persawahan di desa tersebut.(ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)  

NANGA BULIK– Bupati Lamandau Hendra Lesmana menghadiri pelatihan petani teknologi budidaya padi sawah pada lahan gambut di Desa Batu Kotam, Kecamatan Bulik. Hal itu sebagai respon atas laporan masyarakat dan memperhatikan permasalahan aktivitas petani di lokasi persawahan di desa tersebut.

“Lokasi persawahan di Desa Batu Kotam ini pernah menorehkan cerita sukses panen padi sawah beberapa tahun sebelumnya. Namun pada tahun selanjutnya stagnan, sehingga kegiatan ini adalah salah satu upaya pemerintah daerah dalam membantu kembali aktivitas kelompok tani di Desa Batu Kotam guna mewujudkan kemandirian pangan,” ujar Bupati.

Bacaan Lainnya

Menurutnya upaya peningkatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan kelompok tani serta masyarakat dalam budidaya padi sawah lahan gambut. Ia berharap potensi lahan persawahan yang ada dapat dioptimalkan dengan melibatkan semua pihak, baik pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. “Mari bersama mewujudkan kemandirian pangan berkelanjutan sampai mencapai surplus produksi pangan kedepannya, karena  pelatihan ini menjadi solusi alternatif petani  di tengah larangan membakar lahan,” harapnya.

Baca Juga :  PAD Sektor Walet Kobar Belum Maksimal

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Tiryan Kuderon membeberkan bahwa luas lahan persawahan di Desa Batu Kotam adalah 123 hektare, telah tersedia jaringan irigasi, lantai jemur, penggilingan padi, dan pengolahan pupuk UPPO. “Permasalahan pokoknya adalah lahan sawah dominan lahan gambut dengan tingkat keasaman (humid) tinggi, kedalaman gambut kisaran 1-3 meter, larangan membakar lahan, penataan irigasi,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.