Melestarikan Tradisi Menganyam Purun di Kabupaten Seruyan  

Menganyam Purun
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Seruyan saat menggelar pelatihan menganyam Purun. (Istimewa)

KUALA PEMBUANG, radarsampit.com – Anyaman berbahan baku purun  menjadi salah satu produk unggulan dari Kabupaten Seruyan. Kerajinan lokal ini pun terus dilestarikan melalui pelatihan, seperti yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Seruyan.

Pelatihan ekonomi kreatif anyaman purun ini dihadiri ketua organisasi wanita sekabupaten Seruyan dan istri ASN.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua DWP Seruyan Suhida Hartasima mengatakan, tujuan diadakannya workshop ini selain mewarisi kearifan lokal yaitu untuk neningkatkan kreativitas seluruh anggota DWP Seruyan.

“Ini juga untuk mendorong terciptanya inovasi produk anyaman purun yang up to date tidak ketinggalan zaman,” kata Wakil DWP Seruyan Suhida Hartasima.

Suhida menambahkan, ini juga bentuk implementasi kolaborasi peluang usaha baru bersama masyarakat setempat dan menjaga kelestarian budaya anyaman tradisional. Selain itu juga berdampak dengan berputarnya ekonomi untuk pelaku usaha.

“Saya berharap seluruh warga Seruyan memiliki keterampilan menganyam purun sebagai suatu kebanggaan kepada produk lokal setempat,” ujarnya.

Baca Juga :  Polisi dan Satpol PP Seruyan Patroli Gabungan

Selain itu, dia menyampaikan menganyam purun juga dapat memperkaya keterampilan bagi diri sendiri dan dapat berkontribusi hingga memasarkan ke kancah nasional dengan melakukan kolaborasi bersama berbagai pihak. (rdw/yit)



Pos terkait