Mendawai Gencarkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

pemberantasan sarang nyamuk
CEGAH DBD: Masyarakat melakukan gerakan bersih lingkungan untuk pemberantasan sarang nyamuk di Kelurahan Mendawai, Senin (22/1/2024) (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), melaksanakan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), Senin (22/1).

PSN digencarkan mengingat ada sejumlah warga di Mendawai yang kembali terpapar DBD akibat gigitan nyamuk aedes aegypti.

Bacaan Lainnya

Lurah Mendawai Rahadian Syahmi mengatakan, ada penambahan warga yang terserang DBD di RT 27 dan RT 17. Untuk itu dilaksanakan gerakan PSN yang melibatkan dinas kesehatan, puskesmas, babinsa, bhabinkamtibmas, Balakar Huma Singgah Itah, serta masyarakat setempat.

“Kita jumlah warga yang terpapar dalam sebulan terakhir belum terupdate, namun warga yang baru terserang DBD ada di dua RT,” ungkapnya.

Untuk kegiatan PSN dilaksanakan dalam beberapa kegiatan, diantaranya yaitu dengan sosialisasi dan pembagian bubuk abate, serta gerakan bersih-bersih lingkungan (3M).

Keesokan harinya, kegiatan akan dilanjutkan dengan fogging yang melibatkan Balakar Huma Singgah Itah Dinkes Kobar dan Puskesmas Mendawai, serta bhabinkamtibmas dan babinsa.

Baca Juga :  Polresta Palangkaraya Terapkan Wilayah Bebas Korupsi

“PSN akan kita laksanakan secara rutin setiap satu Minggu sekali,  dan empat kali dalam sebulan,” ungkapnya.

Kegiatan pemberantasan jentik nyamuk (3M) dilaksanakan serentak dari RT 01 sampai RT 11B, masyarakat di wilayah lingkungan masing-masing melakukan gerakan bersih-bersih lingkungan.

“Pemberitahuan tentang PSN sudah disampaikan ke ketua RT, semoga PSN selanjutnya lebih banyak kehadiran masyarakat,” pungkasnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait