MIRIS!!! Ibu Terinfeksi, Enam Bayi Terlahir Positif Covid-19

covid-19
Ilustrasi. (BAGUS/JAWA POS)

MOJOKERTO – Covid-19 benar-benar tak pandang bulu. Lanjut usia, usia produktif, anak-anak, sampai bayi yang baru lahir pun bisa terinfeksi.

Di RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto, Jawa Timur, dalam hampir sebulan ini ada enam bayi lahir dalam kondisi positif Covid-19. Itu terjadi lantaran mereka dilahirkan sang ibu yang juga terpapar.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Direktur RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo dr Triastutik Sri Prastini kepada Jawa Pos Radar Mojokerto mengatakan, enam bayi tersebut mendapatkan perawatan terpisah dari sang ibu akibat kondisi kamar yang terbatas. Karena itu, semua bayi masih dirawat terpisah di ruang isolasi khusus bayi.

’’Untuk yang ibu kan ada di ruang isolasi lantai 2, sedangkan bayi ada di lantai 1,’’ ungkapnya.

Trias menambahkan, enam bayi itu berasal dari Mojokerto. Lima di antaranya merupakan pasien asal Kota Mojokerto dan satu lainnya dari Kabupaten Mojokerto. Mereka masih berusia 0–28 hari. Menurut dia, enam bayi tersebut berstatus tanpa gejala alias OTG.

Baca Juga :  Banyak Pengusaha di Kotim Belum Paham Online Single Submission

’’Biasanya bayi memang lebih banyak terpapar tanpa gejala. Sampai sekarang pun kami belum penah merawat bayi yang positif dengan ada gejala,’’ tuturnya.

Meski dirawat terpisah dari ibu masing-masing, lanjut dokter spesialis anak itu, bayi tetap mendapatkan asupan ASI seperti biasa. Kendati demikian, ibu hanya boleh menyalurkan ASI-nya melalui sistem pompa. Sebab, para ibu tidak diperkenankan bertemu dengan sang bayi, kecuali jika sudah menjalani masa isolasi.

Waktu perawatan untuk bayi, kata Trias, seperti pasien OTG di umur produktif. Yakni, sepuluh hari. ’’Baru selepas itu tidak perlu di-swab lagi karena statusnya kan OTG,’’ katanya. (oce/abi/c7/ttg/jpg)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *