Napi Buron Tebar Teror dengan Senjata Curian, Kabur ke Kalbar, Rampas Motor

buronan kabur
RESAHKAN WARGA: Ruslan Bin M Yusuf (39), napi Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun tertangkap kamera berada di Senakin, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, dengan kendaraan hasil rampasan, Kamis (8/12). (IST/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Setelah berhasil kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Ruslan Bin M Yusuf (39), kabur ke daerah asalnya Kalimantan Barat (Kalbar).

Informasi dihimpun dari warga Senakin, Kalbar, Ruslan berada di Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak. Residivis berbagai kasus kejahatan ini menebar teror dengan membawa senjata laras panjang.

Bacaan Lainnya

”Kami mohon tim segera diturunkan untuk menangkapnya. Buronan yang kabur dari penjara di Kalteng saat ini berada di Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak,” kata Izul kepada Radar Sampit saat dihubungi melalui telepon seluler, Jumat (9/12).

Dia menuturkan, Ruslan diketahui warga melintas di daerah Senakin dan singgah membeli minyak urut sambil menenteng senjata laras panjang yang diduga kuat merupakan senjata jenis shotgun yang dicuri dari Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun saat melarikan diri dari menara 2.

Motor bebek jenis Yamaha Jupiter yang dikendarai Ruslan diduga merupakan kendaraan rampasan milik satpam di salah satu perkebunan kelapa sawit. Sekuriti itu tak berkutik saat ditodong dengan senjata laras panjang oleh Ruslan.

Baca Juga :  Pemkab Kotim Poles Jalan Jelang Porprov Kalteng 2023

Dalam perkembangannya, kendaraan tersebut akhirnya ditinggal Ruslan di depan rumah warga di daerah Nahaya. Ruslan kabur masuk kawasan perkebunan kelapa sawit, lantaran tim gabungan dari Buser Polres Kobar, serta anggota dari Kalimantan Barat memburunya.

”Ada sepuluh anggota Buser dari Kalteng yang sudah ada di sini,” katanya.

Warga Kalbar lainnya, Mardianus, mengutarakan hal yang sama. Ruslan disebut berada di Kalbar dan kerap berbuat kriminal di tempat asalnya.

”Iya bang. Ruslan sangat berbahaya. Dia ini memang sering membuat kerusuhan di Kalbar. Bahkan tidak segan menghilangkan nyawa korbannya,” ujarnya.

Mardianus menuturkan, sejak kabur dari Lapas, Ruslan kembali berbuat onar dengan mencuri motor milik satpam perkebunan kelapa sawit. Dalam aksinya, Ruslan dikabarkan sempat melukai petugas kemanan tersebut.

”Terkait kaburnya, sekarang dia berada di Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Landak. Masyarakat kampung yang menemukan motor hasil curiannya sudah mengamankan motor tersebut. Menurut info yang beredar, korban adalah satpam sawit yang motornya dicuri Ruslan,” katanya.

Pos terkait