Pasien Poli Mata Meningkat, RSUD Murjani Sampit Tambah Dokter

rsud dr murjani sampit
TINDAKAN OPERASI: Dokter spesialis mata Frisma Sagara saat melakukan tindakan operasi pada pasien yang mengalami penyakit katarak di RSUD dr Murjani Sampit.

SAMPIT, radarsampit.com – Memberikan pelayanan yang maksimal sudah menjadi komitmen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit. Upaya itu dilakukan dengan menambah dokter spesialis mata untuk meningkatkan pelayanan di Poli Mata.

Dokter Spesialis Mata Frisma Sagara yang sudah berkarir sejak April 2020, kini sudah tak sendiri. Per Juli 2022 ini, rumah sakit kehadiran dokter spesialis mata bernama I Made Satya. Pelayanan Poli Mata yang biasanya dibuka Selasa-Kamis, kini dibuka setiap hari kecuali Minggu. Sedangkan, layanan operasi mata dijadwalkan setiap Selasa, Rabu, dan Kamis.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Kehadiran dr I Made Satya pun memberikan dampak positif terhadap peningkatan pelayanan. Periode Januari-Oktober 2022, kedua dokter spesialis mata ini sudah menangani operasi mata sebanyak 512 pasien. Kasus operasi yang paling sering ditangani yaitu penanganan penyakit katarak.

“Hadirnya dr Made yang menemani saya cukup berdampak terhadap meningkatnya jumlah kunjungan pasien yang merujuk ke Poli Mata. Penanganan operasi juga mengalami peningkatan, karena yang tadinya saya sendiri, sekarang sudah dibantu dr Made, sehingga penanganan pasien lebih terjadwal dan pelayanan pasien jauh lebih maksimal,” kata dr Frisma Sagara, Selasa  (3/10).

Baca Juga :  Bupati Kotim Minta Perbankan Arahkan CSR untuk Korban Banjir

Dari tahun ke tahun, kunjungan pasien yang berobat ke Poli Mata terus meningkat. Untuk penanganan operasi, per April-Desember 2020 sudah menyelesaikan operasi sebanyak 128 pasien dan di tahun 2021 sebanyak 286 pasien.

“Kalau sampai Desember ini, saya perkirakan penanganan pasien yang dioperasi bisa mencapai 800-1000 pasien hingga akhir tahun,” ujarnya.

Meningkatnya kunjungan pasien tak lepas dari gencarnya kegiatan edukasi dan jemput bola yang mulai intens dilakukan sejak 2021 lalu. Ada beberapa wilayah yang sudah dikunjungi terutama di wilayah Kota Sampit yaitu Kecamatan Baamang dan Ketapang, kemudian dilanjutkan ke Samuda, Bagendang. Pada Minggu (2/10) lalu, dokter spesialis mata RSUD dr Murjani Sampit bekerjasama dengan tenaga kesehatan puskesmas dan Dinas Kesehatan Kotim melaksanakan skrinning penyakit mata.



Pos terkait