Pemkab Kobar Targetkan Tiga Desa Persiapan Jadi Definitif Tahun 2023

desa persiapan
DESA PERSIAPAN: Desa Persiapan Mulya Raya di Kecamatan Pangkalan Banteng ditargetkan definitif tahun 2023 mendatang. (Istimewa/Radar Pangkalan Bun)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Tiga desa persiapan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ditargetkan menjadi desa definitif pada tahun 2023 mendatang.

Tiga desa persiapan tersebut adalah Desa Persiapan Pangkalan Lada merupakan pemekaran Desa Pandu Senjaya, Kecamatan Pangkalan Lada, kemudian Desa Persiapan Sumber Sari dan Desa Persiapan Mulya Raya yang merupakan peemkaran dari Desa Karang Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Barat, Yudi Hudaya mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini tim pemekaran akan melakukan verifikasi lapangan ke tiga desa persiapan tersebut.

“Besok (hari ini) tim verifikasi dari pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah turun ke lapangan,” ujarnya, Selasa (1/11).

mulya raya
VERIFIKASI: Camat Pangkalan Banteng Indra Wardana dan Pj Kepala Desa Persiapan Mulya Raya Surono saat menemui tim verifikasi lapangan dari Pemprov Kalteng terkait pemekaran desa, Rabu (2/11) (Istimewa/Radar Pangkalan Bun)

Ia optimis pada tahun 2023 nanti tiga desa persiapan tersebut akan menjadi desa definitif, mengingat seluruh persyaratan awal sudah dipenuhi, seperti jumlah penduduk dan tata batas antara desa yang telah rampung.

Baca Juga :  Dua ABG Duel di Pangkalan Bun Park

Ia menegaskan dengan pemekaran desa maka akan terjadi percepatan dan pemerataan pembangunan, serta perkembangan desa akan semakin cepat berjalan, termasuk peningkatan ekonomi masyarakatnya serta fasilitas infrastruktur.

“Sebenarnya dalam prosesnya usulan untuk pemekaran desa banyak yang gugur lantaran terkendala oleh tata batas yang belum rampung,” ungkapnya.

sumber sari
VERIFIKASI: Camat Pangkalan Banteng Indra Wardana dan Pj Kepala Desa Persiapan Sumber Sari, Wulan saat menemui tim verifikasi lapangan dari Pemprov Kalteng terkait pemekaran desa, Rabu (2/11) (Istimewa/Radar Pangkalan Bun)

Apabila nantinya kita desa persiapan tersebut menjadi desa definitif maka pemilihan kepala desa akan segera dilaksanakan.



Pos terkait