Pemkab Seruyan Dorong Pengembangan Produk Serai

SUKAMARA –  Bupati Sukamara Windu Subagio berharap pengolahan minyak atsiri dari hasil penyulingan tanaman serai yang di lokasi Agro Wisata Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat bisa dikembangkan menjadi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dijalankan masyarakat untuk mendongkrak perekonomian mereka.

“Di sini sebagian lahan dimanfaatkan untuk menanam serai dan sudah dilakukan penyulingan sehingga menghasilkan minyak atsiri dan produk lainnya seperti, hedrosol yakni dengan cara pengolahan secara sederhana,” kata Windu.

Bacaan Lainnya

Kedepan usaha ini bisa dikerjakan dengan skala rumah tangga yang dapat menjadi usaha bagi masyarakat di Kabupaten Sukamara. Untuk pengembangan itu pihaknya berharap dinas terkait bisa turun menjadi pembina sekaligus membantu pemasaran hasil produk minyak atsiri dan hasil olahan lainnya.

“Saat ini pemerintah daerah memang mulai fokus untuk kegiatan yang mempunyai daya membangkitkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Windu.

Baca Juga :  Obat Nyamuk Nyaris Bakar Rumah

Saat melihat langsung proses penyulingan tanaman serai menjadi produk olahan seperti minyak atsiri dan hedrosol ini, Windu juga memberikan apresiasi terhadap DKPP Sukamara yang sudah menjadi pelopor dalam pengembangan tanaman serai.

“Semoga ini dapat terus dikembangkan sehingga bermanfaat bagi pelaku UMKM dan usaha masyarakat skala mikro dalam meningkatkan perekonomian warga,” ucap Windu.(fzr/sla)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.