Persiapan 90 Persen, RSUD Murjani Sampit Siap Reakreditasi  

rsud murjani sampit
SUKSESKAN AKREDITASI: Bupati Kotim Halikinnor usai memimpin apel bersama di halaman RSUD dr Murjani Sampit, Rabu (8/2). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Persiapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit untuk mewujudkan predikat bintang lima (paripurna) tinggal selangkah lagi. Penilaian reakreditasi oleh tim surveyor dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP) akan dilaksanakan 17-18 Maret 2023.

“Sejauh ini persiapan tim akreditasi rumah sakit untuk penilaian reakreditasi sudah 90 persen. Penilaian akan dilaksanakan secara daring dan luring,” kata dr Iman Anggun Hernawan Spesialis Okupasi yang ditunjuk menjadi Ketua Tim Akreditasi Rumah Sakit di RSUD dr Murjani Sampit.

Bacaan Lainnya

Iman mengatakan, penilaian reakreditasi secara daring dijadwalkan 11 Maret 2023. Penilaian  meliputi penilaian dokumen yang sebelumnya sudah diunggah oleh Tim Akreditasi Rumah Sakit.

Dalam pelaksanaannya, tim akreditasi rumah sakit mengacu pada Standar Nasional Penilaian Akreditasi (SNARS) yang sebelumnya telah direvisi oleh Direktorat Pelayanan Kesehatan, Kemenkes. Dalam aturan tersebut  mengalami perubahan yakni pengurangan jumlah elemen penilaian. Pada pedoman SNARS sebelumnya terdapat 16 Bab yang terdiri dari 338 standar dengan total 1.353 elemen. Sedangkan pada tahun ini elemen penilaian berkurang menjadi 789 elemen dan 20 kelompok kerja (pokja).

Baca Juga :  Bank Darah Pindah ke Gedung Pelayanan Terpadu

“Semua elemen penilaian ini sudah kami lengkapi agar dapat memenuhi syarat dan siap dilakukan penilaian. Dalam sebulan terakhir ini, kami kembali disibukkan dengan persiapan reakreditasi. Kami rutin menggelar apel pagi yang diselipkan dengan pembahasan terkait kesiapan reakreditasi,” ujarnya.

Pada pertemuan Rabu (8/2), apel pagi menjadi lebih spesial dengan kehadiran Bupati Kotim Halikinnor yang secara langsung memimpin apel.

“Kami ingin mendapat dukungan dari Pak Bupati agar tim akreditasi rumah sakit lebih semangat. Karena itu, pagi ini kami mengundang Pak Bupati untuk ikut bersama melaksanakan apel kesiapan rumah sakit yang akan melaksanakan penilaian reakreditasi. Wejangan dari Pak Bupati sangat kami butuhkan untuk memotivasi tim agar lebih semangat untuk mewujudkan rumah sakit yang paripurna,” kata dr Iman saat ditemui Radar Sampit, Rabu (8/2).



Pos terkait