Petugas Damkar Kotim Dibekali Pengetahuan Pencegahan Bahaya Kebakaran dan Penyelamatan

pelatihan damkar
PELATIHAN: Anggota Disdamkarmat Kotim mengikuti Inhouse Training Pemadam I, di kompleks Islamic Center Sampit, Rabu (15/3). (ISTIMEWA)

SAMPIT, radarsampit.com – Dalam Inhouse Training Pemadam I, anggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dibekali berbagai materi pengetahuan terkait dengan pencegahan bahaya kebakaran dan penyelamatan.

“Pelatihan yang diberikan masih pengetahuan pencegahan bahaya kebakaran, terkait penyelamatan, serta  bagaimana memeriksa dan menangani korban secara darurat,” kata Kepala Disdamkarmat Kotim Hawianan, Rabu (15/3).

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Hawianan menganggap diklat yang digelar tersebut amat penting. Sebagaimana diketahui, seiring dengan pertumbuhan suatu kota atau daerah, potensi atau intensitas kejadian kebakaran di kawasan pemukiman, perdagangan, gedung publik, dan bangunan lain cenderung meningkat. Tidak hanya itu, kebakaran hutan dan lahan juga mengancam Kotim saat kemarau.

“Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan wajib memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana cara melakukan kegiatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang meliputi cara pengoperasian peralatan pemadam kebakaran secara cepat, tepat, dan benar.

Baca Juga :  Wilmar Gelar Kegiatan Bulan K3

Penyelenggaraan Diklat Pemadam Kebakaran I ini untuk memberikan bekal pengetahuan pada petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan khususnya dalam bidang pencegahan dan pemadaman kebakaran serta penyelamatan.  Oleh karena itu, ilmu pengetahuan dan strategi pemadam kebakaran perlu dikembangkan melalui diklat semacam ini, dikarenakan tugas pemadam kebakaran dan penyelamatan menyangkut kepentingan masyarakat luas.

“Melalui diklat ini petugas mendapatkan pengetahuan, khususnya dengan pencegahan dan pemadaman kebakaran, dan penyelamatan jiwa maupun evakuasi serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat tentang bahaya kebakaran,” terangnya.

Menurutnya, ini menjadi suatu tugas mulia. Untuk itu, Dia mengajak peserta diklat senantiasa semangat untuk melatih dan mengasah kemampuan. “Mudah-mudahan, dapat mengikuti untuk jenjang yang lebih tinggi, yaitu pemadam tingkat II,” imbuhnya.

Dia mengharapkan adanya peningkatan disiplin dalam menjalankan tugas yang menyangkut hajat hidup orang banyak.



Pos terkait