Pj Bupati Kobar Budi Santosa Ingin Kembalikan Adipura ke Pangkalan Bun

adipura
ADIPURA: Tugu piala Adipura berdiri megah di Jalan Diponegoro. (Dok.Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) di bawah pimpinan Pj bupati saat ini, ingin  kembali meraih Piala Adipura yang sempat lepas dalam 2 tahun terakhir. Persiapan pun dimulai dengan menggelar rapat bersama satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) dan stakeholder terkait.

Plt Sekda Kobar Juni Gultom mengatakan dalam rapat koordinasi mereka membahas penguatan titik penilaian Adipura mendatang. “Ada 13 titik poin yang akan menjadi perhatian khusus untuk persiapan penguatan, terutama di lokasi tempat pelayanan publik,” terangnya.

Bacaan Lainnya

Dilanjutkannya,  penguatan khususnya akan difokuskan pada timbunan sampah yang dikelola pada setiap lokasi pembuangan sampah, hingga di tempat pembuangan akhirnya.

Gultom menegaskan, peningkatan layanan masyarakat tersebut harus segera dilaksanakan dan mulai pekan depan gerakan tersebut sudah harus berjalan. Dan beberapa langkah pendahuluan secepatnya juga harus dilakukan oleh dinas terkait.

“Minggu depan instansi terkait sudah dapat melakukan gerakan bersama dan bersama seluruh stakeholder sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” tegasnya.

Baca Juga :  Loka POM Kobar Temukan Ribuan Produk Salahi Aturan

Diketahui, Kabupaten Kotawaringin Barat setelah berhasil menorehkan prestasi gemilang meraih Adipura 12 kali berturut – turut, pada tahun 2022 dan 2023 kabupaten berjuluk Bumi Marunting Batu Aji gagal memboyong Adipura.

Kegagalan memboyong Adipura selain faktor bencana banjir besar tahun 2022 silam. Sementara kegagalan pada tahun 2023 disebabkan data pokok maupun data penunjang pengelolaan persampahan belum mendapat validasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Sehingga Kobar tidak masuk dalam nominasi penilaian tim Adipura. (tyo/gus)

 



Pos terkait