KPU Kobar Mulai Persiapan Kirim Logistik Pemilu ke Lokasi Terpencil

kpu Kobar
AMAN: Logistik pemilu tersimpan di gudang Bulog Divre IV Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat belum lama ini. (istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai memetakan pengelolaan logistik pemilu tahun 2024. Terutama pemetaan untuk distribusi logistik ke daerah terpencil dan terluar di kabupaten setempat.

Ketua KPU Kabupaten Kobar Chaidir mengatakan, kondisi daerah yang dinilai bakal menjadi hambatan dalam pendistribusian logistik pemilu mendapat perhatian serius. Hal itu penting karena akan menentukan distribusi yang tepat waktu hingga ke tempat pemungutan suara (TPS).

Bacaan Lainnya

“Hambatan distribusi logistik pemilu sudah kami petakan, diantaranya faktor geografis wilayah dan cuaca, seperti wilayah terpencil dan terluar,” ujarnya, Selasa (15/1/2024).

Disebutkan Chaidir, dari hasil pemetaan yang dilakukan KPU ada beberapa desa di kecamatan-kecamatan yang masuk dalam kategori terpencil dan terluar. Yaitu di Kecamatan Arut Utara, Kecamatan Kotawaringin Lama, beberapa desa di Kecamatan Kumai dan Kecamatan Arut Selatan.

Baca Juga :  Kini Daftar Vaksinasi Covid-19 di Kobar Bisa Secara Online

Sementara itu untuk Kecamatan Pangkalan Lada dan Pangkalan Banteng, seluruh desanya relatif tidak ada kendala dalam pendistribusian logistik pemilu nantinya, terkecuali faktor cuaca.

“Untuk dua desa di Kecamatan Kumai yaitu Desa Teluk Pulai dan Desa Sungai Cabang, satu-satunya akses mencapai wilayah itu hanya melalui jalur laut, untuk itu kita akan sewa kapal yang cukup mumpuni,” tegas Chaidir.

Ia melanjutkan, mengingat jalur distribusi ke Sungai Cabang dan Teluk Pulau melalui transportasi air, ditunjang dengan cuaca yang sering turun hujan. Sehingga guna menghindari kerusakan logistik terutama kertas suara dan formulir akan dibungkus dengan plastik, begitu pula kotak suara.

Ia juga menyebut untuk di Desa Sungai Cabang ada 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan di Desa Teluk Pulau ada 1 TPS yang akan menerima logistik pemilu.

Ditambahkan Chaidir, untuk memastikan seluruh logistik dapat terdistribusi ke seluruh kecamatan hingga ke TPS, maka KPU akan menggelar rapat bersama PPK dan lintas instansi pada tanggal 18 sampai 19 Januari 2024.



Pos terkait