Produksi Padi Meningkat, Kawasan Food Estate Pulpis Panen Raya

panen padi
PANEN RAYA: Wagub Kalteng  Edy Pratowo saat panen raya padi di kawasan Food Estate di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Pulang Pisau, Senin (1/4/2024). (KOMINFO KALTENG)

PULANG PISAU, radarsampit.com – Sejumlah pejabat Kalimantan Tengah melakukan panen raya padi di kawasan Food Estate, Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Senin (1/4/2024).

Kegiatan dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo dan unsur Forkopimda, Kepala Perwakilan BI Kalteng Taufik Saleh, Kepala SOPD Kalteng, serta jajaran Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

Bacaan Lainnya

Edy berharap panen padi tersebut akan semakin berkembang dan produksinya semakin tinggi. Hasil tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

”Tahun lalu hasil panen 5,7 ton per hektare, namun sekarang 6,8 ton per hektare. Varietasnya sama, PB. Berarti ada perbaikan dalam upaya optimalisasi lahan, sehingga produktivitasnya meningkat,” katanya.

”Jadi, tidak salah wilayah ini menjadi sentra produksi padi dan Pemprov Kalteng terus mendorong agar hilirisasi dibangun di sini,” tambahnya.

Langkah itu juga untuk mendukung usaha pertanian di wilayah Pulang Pisau yang tahun ini akan dibangun pabrik penggilingan padi.

Baca Juga :  Hujan Makin Sering Mengguyur, Kawasan Arut Utara dan DAS Lamandau Siaga Banjir 

Selain food estate, lanjutnya, tahun ini Kalteng juga mendapatkan Program Optimasi Lahan Rawa dan pompanisasi seluas 81 ribu hektare. ”Salah satunya di Pulang Pisau kurang lebih 21 ribu hektare,” katanya. (daq/ign)



Pos terkait