PT Sumur Pandanwangi-Kartika Serahkan Tossa untuk Sungai Bakau

Ciptakan Kawasan Wisata yang Bersih dan Sehat

adv sumur pandan
CSR: Manajer Kebun PT Sumur Pandanwangi-Kartika Aris Suparto menyerahkan bantuan kendaraan roda tiga kepada Pj Kepala Desa Sungai Bakau Agus Anwar.

SAMPIT, radarsampit.com – PT Sumur Pandanwangi-Kartika memberikan dukungan kepada Desa Sungai Bakau Kecamatan Seruyan Hilir Timur yang selama ini destinasi wisata unggulan di Kabupaten Seruyan. Dukungan perusahaan yang tergabung dalam Musirawas Group ini diwujudkan dalam bentuk bantuan kendaraan roda tiga yang digunakan untuk pengangkutan sampah.

Kendaraan roda tiga diserahkan langsung oleh Manajer Kebun PT Sumur Pandanwangi-Kartika Aris Suparto kepada Pj Kepala Desa Sungai Bakau Agus Anwar, Rabu (29/11/2023).

adv sumur pandan (1)

Pj Kepala Desa Sungai Bakau Agus Anwar mengaku senang dengan langkah PT Sumur Pandanwangi yang memberikan bantuan armada pengangkut sampah. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada PT Sumur Pandanwangi yang selalu peduli terhadap desa-desa di sekitar perusahaan. ”Bantuan ini sangat bermanfaat bagi desa kami. Terima kasih PT Sumur Pandanwangi,” ujar Agus Anwar.

Menurutnya, pengangkutan sampah di Sungai Bakau bisa sampai empat kali pada hari-hari biasa. Sedangkan saat akhir pekan, volume sampah meningkat drastis sehingga frekuensi pengangkutan sampah lebih tinggi. ”Kalau Sabtu dan Minggu banyak wisatawan yang datang ke Pantai Sungai Bakau, produksi sampah sudah pasti melonjak,” ujarnya.

Baca Juga :  CATAT!!! Pasar Murah di Sampit Bakal Digelar di Tanggal Ini

Idealnya, kata Agus, Desa Sungai Bakau memiliki dua kendaraan pengangkut agar tidak terjadi penumpukan sampah saat akhir pekan. Angkutan ini tidak hanya melayani kawasan wisata, tapi juga mengangkut sampah rumah tangga di permukiman penduduk setempat. ”Kami berencana membangun tempat pengelolaan sampah. Sebelum dibuang ke TPA, nantinya sampah dipilah dulu sampah organik dan sampah plastik. Sampah organik jadi pupuk kompos, sedangkan sampah plastik didaur ulang,” ujarnya.

Dengan adanya pengelolaan sampah ini, diharapkan bisa mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA. Selain itu, desa mendapatkan income dari daur ulang sampah.

”Kami berencana melibatkan BUMDes dan Karang Taruna. Kami juga berharap ada bantuan untuk membangun tempat pengelolaan sampah ini,” ujar Agus.

Pada kesempatan yang sama  Manajer Kebun PT Sumur Pandanwangi-Kartika Aris Suparto  mengatakan, bantuan kendaraan roda tiga untuk Desa Sungai Bakau merupakan bagian dari program CSR. Sungai Bakau merupakan salah satu binaan PT Sumur Pandanwangi selain  Desa Kartika Bakti, Bangun Harja, Halimun Jaya.



Pos terkait