Puluhan Ribu Warga Tunggu Vaksin Dosis Kedua

Sub—Kobar Kebut Capaian Vaksinasi

SUNTIK VAKSIN: Salah seorang warga Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kobar beberapa waktu lalu. Saat ini ada ribuan warga menunggu suntik vaksin dosis kedua. (HARMOKO/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN-Puluhan ribu masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat menunggu vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Jika ditotal keseluruhan mencapai lebih dari 20 ribu orang.

Ketua Satgas Covid-19 Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, antusiasme masyarakat untuk datang ke fasilitas kesehatan untuk vaksin ini sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat yang telah ikut vaksin. “Antusias masyarakat untuk vaksin sangat tinggi , sementara jumlah vaksinya yang datang langsung di suntikan ke masyarakat dan terkadang sampai kurang,” kata Hj Nurhidayah.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui bahwa di Kabupaten Kobar yang sudah sukses tervaksin yakni dari tenaga kesehatan untuk dosis satu dan dua. Hanya vaksinasi dosis ketiga buat nakes juga sedikit tersendat, karena kekurangan vaksin. Selanjutnya untuk masyarakat umum, pelayanan publik, lansia, dan usia remaja ini yang sudah vaksin dosis pertama mencapai 53,408 orang. Sedangkan dari mereka yang telah menjalani vaksin dosis kedua baru 33,087 orang.

“Ini artinya masih ada 20. 300 orang yang menunggu vaksin dosis kedua. Hal ini disebabkan karena jumlah vaksin yang dikirimkan ke Kobar sedikit,” ujarnya.

Tentu ini tidak sebanding dengan rencana percepatan vaksinasi kalau tidak diimbangi dengan ketercukupan distribusi vaksin ke daerah. “Maka kami sampaikan ke Gubernur saat kunjungan kerja di Kobar,” ujarnya.

Menurutnya percepatan vaksinasi ini menjadi salah satu kunci untuk menekan kasus positif Covid-19. Dengan divaksin maka imun masyarakat menjadi lebih baik dan mengurangi risiko meninggal dunia karena Covid-19.  (rin/sla)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *