Ratusan Rumah di Mantangai Terendam

Luapan Sei Kapuas Genangi Trans Kalimantan

banjir,sei kapuas,Kecamatan Mantangai,banjir kalteng,banjir kapuas
BERBAHAYA: Pihak kepolisian dan TNI melakukan pengawalan di lokasi jalan yang terendam banjir di wilayah Desa Bukit Batu Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, kemarin.(istimewa)

KUALA KAPUAS, RadarSampit.com-Meluapnya Sei Kapuas setelah hujan yang cukup deras beberapa hari terakhir, berdampak pada Jalan lintas Kalimantan antara Kota Palangkaraya -Buntok tepatnya di Desa Bukit Batu Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas,  yang terendam air, Selasa (15/11) siang.

Kapolres Kapuas AKBP Qory Wicaksono melalui Kapolsek Mantangai AKP Fry Mayedi mengatakan, dari hasil peninjauan pihaknya dan data di lapangan lokasi yang terendam air yaitu jalan lintas Palangka-Buntok di Desa Bukit Batu Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas,  sepanjang lebih kurang 1,5 kilometer.

Bacaan Lainnya

“Mengalami rendaman air di Jalan Lintas sepanjang 1,5 kilometer, dimana mengakibatkan sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang berukuran kecil tidak dapat melewati jalan yang terendam air,”ungkapnya, Selasa (15/11) kemarin.

Tidak hanya itu lanjut Fry Mayedi, penyebab banjir dari luapan air Muroy dan Sei Kapuas. Selain itu luapan sungai juga merendam kediaman ratusan kepala keluarga dan sejumlah unit rumah di Desa Bukit Batu Kecamatan Mantangai.

Baca Juga :  Tiga Penambang Emas di Kapuas Tertimbun Longsor

”Dalam banjir ini ada 174 kepala keluarga dan 101 unit rumah. Ketinggian air sekitar 70 sentimeter di dataran cukup tinggi dan mencapai  300 sentimeter atau 3 meter di dataran rendah, yang dekat dengan sungai. Sebagian besar warga,  terutama yang memiliki ruko dan beraktivitas sebagai pedagang tetap bertahan dengan alasan sudah menjadi agenda rutin adanya banjir setiap tahun itu,” paparnya.

Sementara itu untuk langkah – langkah yang telah dilakukan oleh pihaknya, melakukan pengamanan jalur transportasi darat yang terendam banjir. Terutama di wilayah Desa Bukit Batu.

Pihak terkait dari personel gabungan pun dilibatkan untuk pengamanan jalur trans Kalimantan tersebut, antara lain melibatkan unsur TNI hingga perangkat desa setempat. Pengguna jalan yang akan melintasi wilayah itu pun senantiasa diimbau, agar berhati-hati.

Pos terkait