Rumah hingga Kafe di Lamandau Rusak Diterjang Angin Kencang

angin kencang lamandau
ANGIN KENCANG: Kanopi minimarket di Jalan Trans Kalimantan, seberang kantor Kecamatan Sematu Jaya, rusak setelah diterjang angin kencang kemarin sore. (Ria Mekar/Radar Sampit)

NANGA BULIK, radarsampit.com – Hujan deras disertai angin ribut terjadi di Kecamatan Bulik dan Sematu Jaya, Selasa (12/9/2023) sore. Sejumlah rumah mengalami kerusakan ringan hingga sedang.

“Di BTN Griya Bulik Indah ini, ada tiga rumah yang terdampak. Dua rumah rusak ringan, satu rumah tetangga saya cukup parah. Atap dapurnya terangkat semua,” ungkap Jali, warga Kecamatan Bulik.

Bacaan Lainnya

Diungkapkannya, rumah Tri Cahyanto rusak cukup parah. Seluruh atap terangkat setelah diterjang angin kencang. Sementara beberapa rumah lainnya juga terangkat sebagian atapnya. Selain di perumahan BTN, kafe Level Up juga mengalami kerusakan.

Angin kencang juga melanda Kecamatan Sematu Jaya. Minimarket di seberang kantor Kecamatan Sematu Jaya rusak di bagian kanopy akibat angin kencang ini.

Meskipun musim kemarau, masyarakat diimbau waspada terhadap potensi  hujan deras disertai angin kencang dan petir. Jika ada pohon tua yang rawan tumbang, sebaiknya dipangkas agar tidak menimpa rumah atau kabel listrik.

Baca Juga :  Ratusan Pedagang di Pangkalan Bun Disuntik Vaksin

“Warga yang terdampak bencana  diimbau untuk melapor. Kita akan turunkan tim untuk melakukan pengecekan dan pendataan. Akan ada sedikit bantuan untuk warga yang rumahnya terdampak bencana,” ucap kepala BPBD Kabupaten Lamandau Hendikel. (mex/yit)

 



Pos terkait