Selvia Ramadhani Wakili Kalteng dalam Forum Anak Nasional

Selvia Ramadhani
Selvia Ramadhani, siswi MAN 1 Pulang Pisau.

PULANG PISAU, radarsampit.com – Selvia Ramadhani, siswi yang tengah duduk di kelas XI IPA 1 Sekolah MAN 1 Pulang Pisau mewakili Kalimantan Tengah  dalam acara Forum Anak Nasional. Acara ini dilaksanakan di Semarang, Jawa Tengah, tanggal 20-24 Juli 2023.

Forum Anak Nasional (FAN) adalah organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak. Saat ini FAN sudah tersebar mulai dari jenjang desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi.

Bacaan Lainnya

Sebagai wadah partisipasi anak dalam pembangunan, atau lembaga perwakilan kelompok kegiatan atau organisasi anak sesuai jenjang administrasi pemerintahan, Diharapkan peserta didik yang berhasil untuk mewakili dalam kesempatan tersebut bisa terus tetap semangat dan terus berkembang.

Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dengan suka cita menyampaikan terima kasih karena Semarang telah dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023.

Baca Juga :  Kurang dari 24 Jam Pencuri Motor Ditangkap

Hevearita mengatakan akan terus memberikan support kepada anak-anak Indonesia dengan memberi ruang untuk menampung masukan ataupun isu-isu yang menjadi suara anak Indonesia, sehingga ke depannya dapat memberi masukan ke daerahnya masing-masing.

“Kami akan memberikan support kepada anak-anak agar mereka dapat memberikan masukan ataupun isu-isu apa yang menjadi suara anak Indonesia. Ternyata masih banyak hal (terkait isu anak) yang terjadi di daerah-daerah, sehingga dengan adanya Forum Anak Nasional ini bisa menjadi satu ajang, bisa memberi masukan-masukan di masing-masing daerahnya,” ucap Hevearita saat menghadiri acara pembukaan Forum Anak Nasional 2023 di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jawa Tengah, Semarang, pekan lalu.

Penyampaian Suara Anak Indonesia (SAI) menjadi salah satu agenda penting dalam rangkaian Hari Anak Nasional. SAI merupakan representasi aspirasi seluruh anak Indonesia kepada pemerintah untuk mewujudkan kebijakan yang lebih berpihak kepada pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Harapannya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dapat dirasakan dan dinikmati oleh seluruh anak Indonesia tanpa terkecuali.



Pos terkait