Sembilan Figur Mendaftar di PDIP untuk Maju Pilkada Gumas

Tiga Sebagai Bakal Calon Bupati, Enam Bakal Calon Wakil Bupati

Nomi Aprilia
Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Gumas Nomi Aprilia

KUALA KURUN, radarsampit.com – Selama pendaftaran dibuka, ada sembilan figur yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) tahun 2024 melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Dari sembilan figur itu, ada tiga orang mendaftar sebagai bakal calon bupati dan enam sebagai bakal calon wakil bupati,” ucap Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Gumas Nomi Aprilia, Selasa (18/6/2024).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, tiga orang yang mendaftar sebagai bakal calon bupati yaitu Berkat DJ Usup yang juga pengusaha dan politisi, kemudian Bupati Gumas periode 2019-2024 yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Gumas Jaya Samaya Monong, dan anggota DPRD Kalteng sekaligus politisi PDIP yakni Lohing Simon.

Selanjutnya, enam figur yang mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati yakni Ketua DPRD Gumas yang juga politisi PDIP Akerman Sahidar, Wakil Bupati Gumas periode 2019-2024 Efrensia LP Umbing, tiga anggota DPRD Gumas yaitu Lily Rusnikasi, H Gumer dan Edyson D Kenting, serta seorang politisi yaitu Bendie.

Baca Juga :  Kabut Tipis Mulai Selimuti Kuala Kurun

“Sebagian besar dari mereka mendaftar melalui DPC PDIP Kabupaten Gumas. Sedangkan satu orang yaitu Lohing Simon mendaftar melalui DPD PDIP Kalteng. Setelah ini, masih ada beberapa rangkaian tahapan yang harus dilalui sembilan figur tadi,” jelasnya.

Untuk mengusung pasangan calon (paslon) pada Pilkada Gumas tahun 2024, diperlukan lima kursi DPRD kabupaten. Kalau dari hasil Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Bulan Februari 2024 lalu, PDIP berhasil mendapat enam kursi di DPRD kabupaten.

“Itu artinya partai berlambang moncong putih itu bisa mengusung sendiri paslon Pilkada Gumas tahun 2024, tanpa harus berkoalisi dengan parpol lain. Terkait peluang koalisi dengan parpol lain, itu akan dilihat kedepan, karena politik itu dinamis,” tandasnya. (arm/sla)



Pos terkait