Setahun Berlalu, Ruas Jalan Ini Tak Ditangani Sesuai Janji

BELUM DITANGANI: Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur saat meninjau perbaikan jalan poros Tanah Mas, setahun silam. (Foto: ANTARA/HO-DPRD Kotim)

SAMPIT – Perbaikan dan penanganan ruas jalan poros Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Baamang, belum juga terealisasi sampai sekarang. Padahal, sudah setahun berlalu sejak ruas itu disepakati ditangani melalui konsorsium dua perusahaan di daerah itu, yakni PT Sinar Jaya Inti Mulia (SJIM) dan PT Nusantara Docking Sejahtera

”Kami sangat menyesalkan, karena masyarakat juga merasakan dampaknya. Tadi kami merasakan sendiri jalannya mulai rusak, karena selama ini memang cuma diratakan dengan tanah,” kata anggota Komisi IV Bima Santoso.

Bacaan Lainnya

Bima bersama Ketua Komisi IV Muhammad Kurniawan Anwar, Sekretaris Komisi IV Nadie, dan Anggota Komisi IV Bunyamin, berkunjung ke Kelurahan Tanah Mas untuk memantau keberadaan terminal khusus untuk kepentingan sendiri (TUKS) di kawasan itu.

Untuk menuju lokasi, rombongan menyusuri jalan poros Tanah Mas yang panjangnya sekitar 5,2 kilometer. Jalan tanah banyak lubang, sehingga kurang nyaman dilewati masyarakat maupun angkutan perusahaan.

Berdasarkan hasil rapat Komisi IV yang dihadiri pemerintah kabupaten dan perwakilan dua perusahaan pada 23 Juli 2020 atau hampir setahun lalu, disepakati bersama jalan itu akan ditangani konsorsium perusahaan dan pemerintah daerah.

Jalan tersebut rencananya akan ditingkatkan menjadi rigit pavement atau cor beton agar lebih kuat. Termasuk jika dilintasi kendaraan berat, seperti truk milik perusahaan.

Bima mendapat informasi bahwa perusahaan di kawasan itu, yaitu PT Sinarjaya Inti Mulya menyatakan siap melaksanakan kesepakatan. Namun, kini justru pemerintah kabupaten yang belum memberi kejelasan kapan rencana itu direalisasikan.

Pos terkait