Sosok Teladan Taufiq Mukri dan Senyuman Kepergian Sosok Humoris

PEMAKAMAN-TAUFIQ-MUKRI
PEMAKAMAN: Prosesi pemakaman almarhum Taufiq Mukri diantar ratusan orang yang mengagumi sosoknya selama hidup, Minggu (15/5). (YUNI PRATIWI ISKANDAR/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Sepuluh tahun lamanya Taufiq Mukri mendampingi Supian Hadi memimpin Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Kepergian Taufiq Mukri, jadi duka mendalam bagi Supian yang paham betul sosok dan keteladanannya. Pemikiran dan kepiawaian Taufiq, jadi salah satu kunci suksesnya pembangunan Kotim.

”Beliau adalah birokrat yang andal, yang mengerti, sangat mengerti semua tata cara pemerintahan. Saya seorang politikus yang menjalankan beberapa kebijakan, pengawasan yang dilakukan Taufiq Mukri selama menjabat sangat luar biasa. Saya pribadi sangat kehilangan sekali. Saya juga minta maaf kepada keluarga, karena karena datang terlambat,” ujar Supian yang datang masih mengenakan baju trail, karena saat mengetahui kabar duka itu, dia sedang berada di Tumbang Gagu.

Bacaan Lainnya

Supian mengaku baru tahu kepergian koleganya itu dari warga yang membuka warung. ”Saya kaget. Ya sudahlah, kalau begitu kami lepas sepeda motor. Kami titip di sana. Kami pakai mobil dengan waktu yang sangat singkat. Normalnya lima jam, kami tempuh tidak sampai tiga jam untuk mengejar ke sini (pemakaman, Red). Walaupun saya ingin sekali melihat untuk yang terakhir kalinya, tapi tidak sempat,” ujar Supian tak kuasa menahan kesedihan kehilangan orang yang sangat berjasa baginya.

Baca Juga :  Vaksin Jenis Ini Dipakai untuk Vaksinasi Nakes Tahap Tiga

Sambil berlinang air mata, Supian mengaku ingin bertemu dengan almarhum. Bahkan, malam sebelum Taufiq meninggal, Supian sempat menanyakan kabar almarhum pada sopirnya.

”Yang kami ceritakan malam itu hanya tentang almarhum. Saya ingin ke Jakarta. Ingin menengok beliau,” ujarnya.

Bagi Supian Hadi, almarhum bukan hanya menjadi sosok wakil bupati. Taufiq kala itu bisa menempatkan diri sebagai orang tua, keluarga, dan sahabat dekat.

”Saat mendapatkan masalah, secara pribadi beliau sering memberikan nasihat kepada saya. Salut kepada beliau karena bisa memosisikan diri sebagai wakil bupati dan ayah. Saya pun demikian,” tuturnya.

Pos terkait