Stok Bahan Pangan di Kotim Masih Aman

rakor pemkab kotim
LINTAS SOPD: Bupati Kotim Halikinnor pimpin rapat lintas sektoral terkait persiapan jelang Lebaran 1444 Hijriah, Senin (3/4). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Persediaan kebutuhan pangan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diperkirakan aman selama Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kotim Muhammad Yusuf saat menyampaikan persediaan stok pangan pada rapat lintas sektoral yang digelar di lantai 2 Setda Kotim, Senin (3/4), salah satunya membahas terkait persedian pangan di Kotim selama Ramadan dan jelang Idulfitri 1444 Hijriah.

Bacaan Lainnya

Diuraikannya, untuk bahan pokok 11 komoditas yang ada mencakup beras, jagung, daging sapi, telur ayam, daging ayam ras, bawang merahbawang putih, cabai rawit, cabai merah, minyak goreng, dan gula pasir.

Data ketersediaan bahan pangan selama Ramadan hingga Idulfitri, untuk beras diperoleh data dari Bulog, kemudian dari Dinas Pertanian, juga dari sentral produksi pertanian

“Untuk beras perkiraan persediaan kita ada 7.332 ton dan kemudian kebutuhan menjelang hari raya itu perhitungan kami adalah 2.590 ton.Jjadi untuk beras kita perkirakan memang cukup banyak surplusnya, sedangkan stok terakhir yang ada dari perkiraan bulan lalu itu sebesar 4.742 ton. Jadi untuk stok akhir yang ada memang kita surplus, untuk yang bulan ini dan untuk menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah,” papar Yusuf.

Baca Juga :  Pelajar SMA dan ASN di Kotim Bakal Dites Urine

Kemudian jagung, perkiraan ketersediaan yang ada untuk bulan ini adalah 129 ton, untuk kebutuhannya 94 ton, sedangkan stok akhir dari surplus  itu sendiri ada sekitar 35 ton.

Selanjutnya untuk daging sapi, ada persediaan sekitar 209 ton, dengan perkiraan kebutuhannya tidak hanya 173 ton dan surplusnya sekitar 36 ton. Lalu telur ayam ras juga ketersediaannya ada 287 ton, yang kemudian perkiraan menjelang hari raya itu sekitar 208 ton dan surplusnya 79 ton. Komoditas lain yakni daging ayam ras  129 ton dan kebutuhannya tidak mencapai 100 ton jadi ada stok akhir sekitar 35 ton.

“Bawang merah dan bawang putih juga itu surplus antara 66 dan 84 ton, kemudian cabai rawit ada 193 ton kemudian kebutuhannya itu 117 ton, surplus 76 ton. Cabai merah itu ada 114 ton, perkiraan kebutuhan untuk menjelang hari besar ini 53 ton dan masih ada surplus 61 ton,” urai Yusuf.



Pos terkait